HealthLifestyle

Jangan Salah Langkah, Ini Cara Diet yang Tepat

0
Berat Badan Stagnan

STARJOGJA.COM, Saat menurunkan berat badan, Anda harus siap merubah pola hidup yang lebih baik, supaya kesehatan dan target yang diinginkan dapat terwujud. Namun, salah satu hal yang harus diingat dan diterapkan adalah mempertahankan berat badan yang sudah berhasil mengalami penurunan.

Dilansir dari helpguide.org, kunci dari menurunkan berat badan adalah konsisten. Makna dari konsisten adalah upaya dan keyakinan yang dilakukan secara terus menerus, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dari sikap konsisten tersebut, Anda akan terbiasa dengan proses yang dan kestabilan dalam mengerjakan sesuatu.

Yuk simak tips menurunkan dan menjaga berat badan secara tepat:

Mengendalikan pola makan

Pola makan merupakan salah satu hal yang harus diubah secara tepat. Jika Anda berada di lingkungan yang terbiasa mengonsumsi makanan siap saji, maka hal tersebut harus segera dikurangi atau diberhentikan. Anda harus terbiasa mengendalikan, dan fokus terhadap konsumsi makanan sehat yang dapat menurunkan berat badan secara cepat.

Porsi makan yang dikonsumsi setiap harinya, harus dikendalikan dengan mengatur keseimbangan kadar kalori, protein, karbohidrat, dan vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Hindari makanan yang mengandung lemak, supaya proses penurunan berat badan dapat berjalan secara mudah dan tepat.

Konsumsi air putih secara maksimal

Konsumsi air putih secara maksimal merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Anda harus mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. Air putih dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, dan membuat fungsi organ berkembang dengan baik.

Fakta lainnya adalah, air putih dapat membantu memelihara kesehatan dan menjaga cairan tubuh supaya terhindar dari gangguan fungsi pada sistem pencernaan.

Konsumsi makanan berserat

Konsumsi makanan yang berserat mampu mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh manusia. Serat tidak hanya baik dalam mengatasi masalah pencernaan, tetapi membantu perut supaya terasa lebih kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Semakin banyak serat masuk, maka proses penurunan berat badan dapat berjalan secara cepat. Anda dapat mengonsumsi makanan berserat berupa buah buah pisang, kacang almond, brokoli dan beras merah.

Hindari konsumsi gula yang berlebih

Konsumsi gula yang berlebih akan menyebabkan obesitas dan berdampak pada peningkatan risiko diabetes, dan penumpukan lemak di dalam tubuh. Gula dapat berasal dari jumlah peningkatan kadar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Maka dari itu, Anda harus memperhatikan semua jenis makanan yang masuk, dengan cara menghindari makanan dan minuman manis. Salah satu cara yang tepat adalah berhenti mengonsumsi minuman bersoda, permen, ataupun cemilan dengan kadar gula yang tinggi.

Rutin melakukan aktivitas olahraga

Rutin melakukan olahraga adalah upaya yang dilakukan untuk menurunkan dan menjaga berat badan supaya tetap ideal. Anda dapat melakukan aktivitas ringan dalam waktu 30 menit dalam sehari, untuk mengolah dan meregangkan otot-otot di dalam tubuh.

Semakin rutin berolahraga, maka semakin banyak manfaat kesehatan yang didapatkan.

Menerapkan pola tidur yang tepat

ahukah Anda bahwa pola tidur merupakan salah satu hal memiliki peran penting terhadap kesehatan manusia? Pola tidur yang tepat dan teratur, akan berdampak pada pada penurunan risiko berbagai penyakit kronis, obesitas, dan kesehatan mental.

Anda dapat menerapkan pola tidur selama 8 jam dalam sehari, dan menghindari konsumsi gula maupun kafein yang berlebih. Jika Anda berhasil menerapkan pola tidur yang tepat, maka kesehatan dan berat badan dapat terjaga dengan baik

Tidak melewati waktu sarapan

Sarapan mampu memberikan semangat dan cadangan energi setiap hari. Jika Anda sedang melakukan program diet, sarapan merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan.

Anda harus mengonsumsi karbohidrat dan protein yang seimbang, supaya perut terasa lebih kenyang, dan cukup untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Baca juga : Star Insight April

Sumber :  Bisnis.com

Jeonghan dan Wonwoo SEVENTEEN Akan Rilis Single Album “THIS MAN”

Previous article

Cara Tetap Stylish Meski Cuaca Gerah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health