HealthLifestyle

Susah BAB? Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

0
mengatasi sakit perut kala berpuasa

STARJOGJA.COM, Konstipasi atau sembelit merupakan gangguan pencernaan yang melibatkan jaringan usus. Orang yang mengalami sembelit biasanya merasakan sakit perut dan susah buang air besar (BAB).

Penderitanya juga kerap merasakan perut kembung dan penuh yang menimbulkan perasaan tak nyaman. Agar masalah sembelit terpecahkan, salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat, kriterianya yang tinggi serat dan mengandung probiotik.

Dilansir dari Well and Good, Dr. Niket Sonpal menjelaskan kalau makanan tinggi serat baik dalam menghalau sembelit. “Sebagian besar serat makanan tidak dicerna atau diserap, sehingga tetap berada dalam usus dan mengatur pencernaan makanan lain dan mempengaruhi konsistensi tinja,” jelasnya.

Sayuran Hijau

Salah satu superfood adalah sayuran hijau. Di antaranya ada brokoli, bayam, hingga kale yang diketahui mengandung banyak serat, folat, vitamin C, dan vitamin K.

Contohnya pada 180 gram bayam yang telah dimasak akan memberikan serat sebanyak 4,7 gram. Sehingga cocok jika dikonsumsi untuk mengobati sembelit.

Bayam termasuk sayuran murah dan banyak ditemukan, sehingga tak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi sayuran hijau. Anda bisa membuat sayur bening dengan tambahan jagung atau wortel.

Air Putih

Dehidrasi ternyata dapat menyebabkan gejala sembelit. Oleh karena itu, perlu diperhatikan konsumsi air putih yang cukup agar feses tetap lunak dan mudah ketika dikeluarkan.

Setiap orang direkomendasikan untuk mengonsumsi 6-8 gelas air putih atau sekitar 2 liter per hari. Meskipun setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

Yogurt

Makanan yang mengandung zat probiotik sangat baik dalam melancarkan pencernaan. Salah satu yang dapat dikonsumsi adalah yogurt.

Yogurt menyehatkan usus yang dapat melunakkan tinja, sehingga meringankan sistem pencernaan. Hal ini diungkapkan oleh Tracy Lockwood Beckerman, seorang ahli diet.

Anda bisa mengonsumsi yogurt tanpa tambahan apapun. Baik juga jika mengkombinasikannya dengan buah tinggi serat.

Teh

Teh tak hanya baik dalam meningkatkan imunitas tubuh, tapi juga kesehatan usus. Teh yang baik dikonsumsi untuk melancarkan kesehatan usus adalah teh peppermint.

Racikan teh tersebut memiliki khasiat dalam menenangkan perut saat mengalami gangguan pencernaan. Selain itu, berkhasiat juga dalam menghidrasi tubuh.

Buah Tinggi Serat

Saat sembelit banyak orang menganjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan, ternyata makanan sehat satu ini memang dianjurkan. Buah yang mengandung serat tidak larut baik untuk pencernaan karena tidak dicerna tubuh.

Dr. Sonpal merekomendasikan buah-buahan tinggi serat untuk melancarkan pencernaan. Di antaranya ada apel, buah berry, jambu biji, dan pepaya.

Brigitte Zeitlin, ahli diet juga mengungkapkan baiknya mengonsumsi buah tinggi serat. “Pastikan untuk mengonsumsi kulitnya karena di situlah letak seratnya,” ungkapnya.

Baca juga : Star Insight April

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Previous article

Penderita Asam Urat, Hindari Konsumsi Ikan Jenis Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health