HealthLifestyle

Benarkah Angkak Bisa Naikkan Trombosit Penderita DBD?

0
Angkak

STARJOGJA.COM, Angkak sering digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat China dengan berbagai jenis manfaat kesehatan di dalamnya.

Manfaat utama dari konsumsi angkak salah satunya adalah untuk meningkatkan kadar trombosit bagi penderita DBD. Kandungan monacolin K sangat baik untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

Angkak merupakan beras ragi merah yang memiliki banyak manfaat. Kegunaannya banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai permasalahan penyakit seperti kolesterol, permasalahan jantung, dan sebagainya.

Olahan yang terbuat dari angkak merupakan hasil fermentasi menggunakan spesies jamur tertentu seperti Monascus ruber atau Monascus purpureus.

Pemanfaatan angkak sebagai salah satu pengobatan dalam meningkatkan kadar trombosit adalah untuk membantu proses post terapi konservatif pada penderita DBD.

Hal tersebut diperoleh atas penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan Mediahusada, pasien yang mengonsumsi angkak mengalami peningkatan kadar trombosit lebih cepat daripada pasien lainnya.

Hal tersebut membuktikan bahwa konsumsi angkak dan terapi konservatif mampu memperbaiki kondisi umum para pasien DBD dalam meningkatkan kadar trombosit.

Namun, selain meningkatkan kadar trombosit, ada beberapa manfaat lain yang dihasilkan dari konsumsi angkak.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kesehatan jantung merupakan salah satu hal yang harus dijaga oleh setiap manusia. Risiko penyebab terjadinya penyakit jantung disebabkan oleh peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Terdapat 21 tinjauan yang dilakukan untuk mengkaji efektivitas konsumsi angkak bagi penderita jantung dan kolesterol.

Hasil yang diperoleh, angkak mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Angkak mengandung senyawa monacolin K berupa bahan aktif yang ditemukan dalam resep obat penurun kolesterol seperti lovastatin.

Mengurangi risiko sindrom metabolik Sindrom metabolik merupakan kondisi yang meningkatkan risiko kondisi kronis, seperti penyakit diabetes, jantung, diabetes, dan stroke. Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya tekanan darah tinggi, peningkatan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Beberapa penelitian menemukan hasil bahwa angkak mampu mengatasi faktor risiko penyebab penyakit kronis tersebut secara alami.

Menurunkan peradangan

Peradangan merupakan salah satu respons imun yang terjadi secara normal, dan dirancang untuk melindungi tubuh Anda dari infeksi akut maupun benda asing. Namun, efek yang dihasilkan dari peradangan mengakibatkan penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Kondisi peradangan mampu diatasi dengan mengonsumsi angkak sebagai suplemen maupun diminum secara langsung.

Mengurangi risiko kanker

Angkak dianggap mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker. Hal tersebut dilakukan melalui beberapa penelitian terbatas pada hewan dan tabung reaksi.

Hasil yang dibuktikan dari penelitian tersebut, dibenarkan bahwa angkak mampu mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Baca juga : Star Insight April

Sumber :  Bisnis.com

Akankah Johnny Depp Kembali ke Waralaba Film “Pirates of the Caribbean”

Previous article

Konten Kreator Mukbang Makan Banyak Tapi Tetap Langsing? Ini Triknya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health