JogjaKUNewsWisata

Uniknya Pantai Ngungap yang Tak Punya Pasir

0
Pantai Ngungap

STARJOGJA.COM, JOGJA – Bagaimana ya jadinya kalau pantai tidak memiliki pasir yang menghampar luas di pesisirnya? Jawabannya ada di Pantai Ngungap yang berlokasi di Gunung Kidul. 

Anda tidak salah dengar, pantai satu ini memang tidak memiliki pasir yang biasanya dijadikan sebagai tempat bermain hingga berjemur para pengunjung. Walaupun begitu, Pantai Ngungap tetap memiliki sajian pemandangan tebing dan karang yang menjulang tinggi. 

Kondisi tersebut disebabkan oleh posisi dari pantai yang berada tepat di titik perbatasan Samudera Hindia. Pada titik inilah biasanya ombak laut memiliki intensitas yang lebih tinggi dan besar dari pada umumnya. Ombak tersebut akhirnya banyak menggerus hamparan pasir yang sempat ada di pantai tersebut. 

Pemilihan nama ‘Ngungap’ berasal dari kata ‘Ngungak’ yang berarti menengok. Kata ‘Ngungak’ ini diberikan oleh masyarakat dengan makna bahwa seseorang yang ingin melihat keindahan pantai diharuskan untuk menengok ke bawah terlebih dulu. 

Makna dari Pantai Ngungap menjadi cerminan dari keadaan yang ada jika pengunjung biasanya harus menengok ke bawah untuk dapat menikmati pemandangan yang disajikan oleh pantai. 

Pengunjung yang datang tentu akan sangat terpesona dengan nuansa pantai yang eksotis dengan rimbunnya tanaman hijau di sekitar tebing. Terlebih, pantainya yang sepi dan anginnya yang sejuk membuat siapapun akan betah memanjakan diri di tempat ini. 

Walaupun memiliki pemandangan yang sangat cantik, pantai ini juga menyimpan mitos yang cukup banyak dipercayai oleh masyarakat sekitar. Konon, Pantai Ngungap merupakan tempat dimana legenda Nyi Roro Kidul biasa muncul. Salah satu tebingnya juga dianggap keramat oleh beberapa masyarakat. 

Mitos inilah yang kemudian dianggap oleh beberapa pengunjung memberikan kesan mistis dan sedikit menyeramkan. Saat berada di pantai, pengunjung juga akan diminta selalu untuk menghormati budaya yang ada dengan bersikap sopan dan tidak melakukan hal yang dilarang.

Namun, tak perlu merasa ketakutan, pemandangan di pantai ini dijamin bikin anda lupa dengan banyak hal, termasuk masalah dan pekerjaan yang menjadi beban. Tempat ini sangat cocok sekali bagi anda yang ingin menemukan kedamaian, terlebih dengan ditemani oleh suara dentuman ombak yang menenangkan. 

Pantai Ngungap berada di daerah Wonotoro, Pucung, Girisubo, Gunung Kidul. Jarak tempuhnya bisa 2-3 jam dari pusat Kota Yogyakarta. 

Sumber : Visiting Jogja

Penulis : Rossa Deninta

Warga Sleman Bisa Bekerja Sembari Kerja dengan Program Kersaku Sembada

Previous article

OPINI : Jadi Bagian Integral NKRI, Pemerintah Optimalkan Pembangunan SDM di Papua

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU