Kab SlemanNews

Merapi Masih Waspada, Aktivitas Tambang Manual dan Wisata Jalan Terus

0
wisata prokes
Ilustrasi Gunung Merapi

STARJOGJA.COM, SLEMAN-Status Gunung Merapi masih waspada (level 2) pada Selasa (29/5/2018). Namun, berdasarkan pantauan posko utama penanggulangan bencana erupsi Merapi Kabupaten Sleman, Pusdalos BPBD Sleman aktivitas tambang manual dan wisata tetap berjalan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan mengatakan, berdasarkan pantauan Selasa per pukul 10.00 WIB, aktivitas penambangan di Kali Gendol secara manual masih berlangsung. “Namun, untuk alat berat masih berhenti beroperasi,” ujar dia, Selasa.

 

Sementara itu, pantauan kawasan wisata menunjukkan objek wisata Bukit Klangon, Glagaharjo, Cangkringan sudah siap menerima kunjungan wisatawan. Kawasan Wisata Kaliurang yang di luar TNGM juga sudah dibuka untuk pengunjung. “Lavatour di Kaliurang sudah kembali beroperasi,” jelas dia.

Meski demikian, tetap ada rekomendasi kepada masyarakat demi keamanan yakni radius tiga km dari puncak dikosongkan dari aktivitas penduduk seperti mencari rumput dan aktivitas pendakian. Masyarakat yang tinggal di KRB III diharap untuk meningkatan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

“Untuk pantauan aktivitas Gunung Merapi, pantauan visual pukul 10.00 WIB melalui pengamatan langsung maupun CCTV menujukkan Merapi berkabut dan pantauan seismik Merapi landai [pukul 23.00 – 09.00 WIB],” kata dia.(DEN/HARIANJOGJA)

Fujifilm Luncurkan X-T100, Kamera Mirrorless Bergaya Retro

Previous article

Yuk, Kenali RCS: Fitur SMS Secanggih WhatsApp

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman