Flash Info

Hari Pertama Sekolah, Lakukan ini Kepada Anak

0
jalur cerdas istimewa

STARJOGJA.COM, News – Hari pertama sekolah membuat anak-anak bereaksi terhadap hari bersejarahnya. Ada yang menangis dan ada yang senang. Psikolog anak Amanda Selandia mengatakan saat anak menangis itu adalah sesuatu yang wajar karena anak diliputi ketakutan akan dunia baru dan asing yang akan dihadapinya di hari pertama sekolah.

“Pasti ada kecemasan di benak anak, karena lingkungan baru, teman-teman baru, sehingga wajar sekali jika anak merasa cemas di hari pertama,” kata Amanda.

Amanda melanjutkan, hal itu merupakan bagian dari proses tumbuh kembang dan pembelajaran anak yang harus dilewati.

Baca Juga : Hari Pertama Sekolah Tak Boleh Libatkan Kakak Kelas apalagi Alumni

Beberapa langkah yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung anak di hari pertama sekolah, antara lain, pertama, berikan dukungan yang positif. Hal itu berupa sugesti baik dan hal-hal menyenangkan tentang sekolah.

Baca juga: PNS DKI Telat Masuk Kerja Demi Antar Anak Masuk Sekolah
Kedua, saat orang tua melepas anaknya ke sekolah, usahakan jangan terlalu lama.

“Singkat saja, tetapi penuh makna. Misalnya dengan penuh kasih sayang, memluk, mencium, dan bilang ‘ayah dan ibu nanti akan jemput ya, selamat sekolah, semoga harinya menyenangkan’,” lanjutnya.

Ketiga, jika akan tetap menangis saat ditinggal, biarkan saja. Kebanyakan anak tidak akan lama menangis dan segera akan berbaur dengan lingkungan dan kegiatan di sekolah bersama para guru.

Keempat, katakan sejujurnya jika Anda tidak akan menunggui sepanjang jam pelajaran dan akan menjemput pada jam sekolah selesai. Jangan janjikan Anda akan menunggu di luar kelas jika hanya untuk menenangkan anak dari tangisannya.

“Kalau memang ibu tidak akan menunggu anaknya di sekolah, jangan menjanjikan ibu akan menunggu karena sewaktu-waktu dia akan mengitip dan ibunya tidak ada, akan jadi proses panjang lagi untuk membiasakan dilepas di sekolah,” jelasnya.

Kapolri Diminta Segera Tetapkan Tersangka Kasus Novel

Previous article

TNI AU Latihan Akbar di Langit Jatim

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info