5 Makanan Ini Sebaiknya Langsung Dimakan Setelah Dimasak

STARJOGJA.COM, LIFESTYLE – Memasak bahan makanan dengan benar merupakan hal yang sangat penting. Satu kesalahan kecil saja bisa merusak seluruh hidangan yang akan membahayakan tubuh. Sebab, proses memasak yang salah bisa membuat makanan beracun.

 

Setelah dimasak, Anda sebaiknya segera menyantap hidangan yang tersaji. Jangan menunggu terlalu lama karena nutrisi makanan itu akan hilang, sehingga berbahaya saat dikonsumsi.

Nah, apa saja makanan yang sebaiknya langsung disantap setelah dimasak? Simak ulasan dari Pop Sugar, di bawah ini:

Nasi

Jangan menyimpan nasi di suhu ruangan. Sebaiknya letakkan nasi dalam pemanas jika tidak segera disantap. Sebab, membiarkan nasi dalam suhu ruangan akan memicu tumbuhnya bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan.

Kentang

 

Sama seperti nasi, jangan pernah menyimpan kentang yang telah dimasak salam suhu ruangan. Kentang yang dingin rentan ditumbuhi bakteri. Selain itu, jangan pernah memanaskan kentang kembali saat hendak disantap karena berbahaya bagi tubuh.

Roti bakar

Mengonsumsi roti bakar dalam keadaan dingin juga tidak baik bagi kesehatan. Saat dibakar, roti akan melepaskan zat akrilamida. Jika dibiarkan terlalu lama, zat ini akan berubah menjadi senyawa berbahaya yang memicu kanker.

Ayam

Ayam yang telah dimasak juga sebaiknya langsung dimakan. Jika dibiarkan dingin, protein di dalamnya akan menurun dan berubah menjadi zat racun. Anda juga tidak boleh memanaskan ulang makanan ini karena akan menimbulkan masalah pencernaan setelah disantap.

Telur

Telur yang dimasak dengan cara direbus juga sebaiknya langsung dimakan. Jika dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruangan, telur itu akan ditumbuhi bakteri yang berbahaya bagi pencernaan.

(Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com )

Silahkan bergabung untuk diskusi