Fifty Shades of Freed Rajai Box Office, Raup Pendapatan US$38,8 juta

STARJOGJA.COM,MOVIE – Film “Fifty Shades Freed” mendominasi jumlah penonton bioskop Amerika Utara dengan raihan pendapatan kotor sebesar US$38,8 juta dari penayangannya perdananya di 3.678 bioskop pada akhir pekan lalu.

Dikutip dari Reuters, pada akhir pekan lalu, sekuel terakhir trilogi “Fifty Shades” tersebut juga memperoleh pendaptan sekitar US$100 juta dari debutnya di 57 pasar internasional. Tambahan ini membuat trilogi film yang dibintangi oleh aktris Dakota Johnson ini mendapatkan total pendapatan kotor sebesar US$1,09 miliar.

Film ini kembali mempertemukan duet Dakota Johnson sebagai Anastasia Steele dan Jamie Dornan sebagai Christian Grey. Namun, pekan debut film ketiga duet Johnson-Grey ini tak sebaik dua film terdahulu mereka yang dirilis pada 2015 dan 2017.

Film pertama “Fifty Shades of Grey” berhasil mencatatkan pendapatan fantastis sebesar US$85,2 juta pada pekan pertama mereka. Sementara film keduanya, “Fifty Shades Darker” mendapatkan US$46,6 juta di pekan pertamanya.

Film ini mendapatkan skor B+ dari CinemaScore. Secara demografi penonton, 75% penontonnya adalah perempuan dan 55% di antaranya berusia di bawah 30 tahun. Melihat catatan ini, Presiden Distribusi Domestik Universal Studio Jim Orr mengaku pihaknya optimistis film ini mampu menggapai market yang lebih luas di pekan-pekan mendatang.

“Kami bisa memperluas jangkauan penonton di luar demografi penonton utama film ini, dan hal itu cukup baik di seluruh area geografis yang ada,” jelasnya.

Orr memuji peranan tim marketing dan ikatan yang kuat antara Dornan dan Johson untuk melanjutkan performa ciamik mereka pada film waralaba ini. Dia juga mengaku optimistis akan ada peningkatan jumlah penonton yang signifikan pada tengah pekan mendatang, bersamaan dengan perayaan hari Valentine.

Tak hanya “Fifty Shades Freed”, debut manis juga dicatatkan oleh film “Peter Rabbit” yang diproduksi oleh Sony. Film tersebut mampu melampai perkiraan para pengamat dan analis film dengan pendapatan sebesar US$25 juta dari 3.725 layar bioskop.

Film ini merupakan film animasi live-action yang diproduksi oleh Columbia Pictures dan Sony Pictures Animation. Aktor James Corden menjadi pengisi suara karakter utama Peter Rabbit. Film ini menceritakan komedi kontemporer yang melibatkan perselisihan antara Rabbit dan tetangganya bernama McGregor (Rose Byrne) yang sama-sama pencinta hewan.

Tak ketinggalan, film bergenre thriller “The 15:17 to Paris” berhasil mendapatkan US$12,6 juta dari penayangan di 3.042 layar bioskop. Perolehan tersebut menempatkan mereka pada peringkat ketiga perolehan box office akhir pekan lalu.

Film ini diangkat dari buku “The 15:17 to Paris: The True Stroy of a Terrorist, a Train, and Three American Heroes” karya Jerffrey E. Stern, Spencer Stone, Anthony Sadler, dan Alek Skarlatos. Novel ini menceritakan tentang serangan di kereta Thalys pada 2015 silam. Film yang juga dibiayai oleh Village Roadshow ini menampilkan para penulisnya (Stone, Sadler, dan Skarlartos) yang beradu peran dengan aktris Judy Greer dan Jenna Fischer.

Sementara itu, film “Jumanji: Welcome to the Jungle” dan “The Greatest Showman” menyusul di posisi keempat dan kelima. Mereka masing-masing mendapatkan US$9,8 juta dan US$6,4 juta. Kedua film ini juga mencatatkan penurunan tipis dibanding pekan sebelumnya, masing-masing sebesar 10% dan 12%.

Dengan tambahan pendapatan tersebut, “Jumanji” secara total penayangan mereka selama 54 hari di bioskop domestik Amerika Utara telah menghasilkan US365,7 juta. Jumlah tersebut membuat mereka tercatat sebagai film dengan pendapatan domestik terbesar ke-38 sepanjang sejarah. Mereka hanya tertinggal US$3 juta dari film “Despicable Me 2” yang berada di atas mereka.

Sementara itu, posisi keenam berhasil diamankan oleh film “Maze Runner: The Death Cure” dengan perolehan sebesar US$6 juta dari penayangan mereka di 2.923 layar bioskop domestik. Sekual akhir dari kisah trilogi distopia ini secara total telah mengumpulkan US$49 juta dari 17 hari penayangan.

Posisi ketujuh diisi oleh film horor bertema sejarah “Winchester” yang dibintangi oleh aktris Helen Mirren. Film ini berhasil meraup US$5,1 juta dari penayangan 2.480 layar pada pekan keduanya. Sementara film “The Post” harus puas berada di posisi delapan dengan pendapatan sebesar US$3,5 juta dari penayangan di 1.865 layar. Secara total, dalam penayangan domestik mereka telah mendapatkan US$72,8 juta.

Untuk posisi sembilan ditempati film “The Shape of Water” dengan pendapatan sebesar US$3 juta. Sementara film “Den of Thieves” dan “12 Strong” harus berbagi kursi di peringkat sepuluh karena keduanya sama-sama mendapatkan pendapatan sebesar US$2,9 juta.

Sumber : Reuters

Silahkan bergabung untuk diskusi