Kota JogjaNews

BI Dampingi UMKM Susun Laporan Keuangan

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Bank Indonesia terus melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM agar mampu membuat laporan keuangan . Langkah ini dilakukan bersama konsultan keuangan mitra bank.Kebijakan ini diambil agar UMKM makin mendapatkan kepercayaan dari Bank untuk mendapatkan kredit.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Budi Hanoto menjelaskan berdasarkan data terakhir, penyaluran kredit perbankan di wilayah setempat kepada kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sudah mencapai 37 persen.

” Bank-bank bersedia menyalurkan kreditnya kepada UMKM karena ada keyakinan bank terhadap usaha itu.Salah satunya adalah adanya laporan keuangan,” kata Budi, di sela acara capacity building wartawan ekonomi lokal se DIY di Kota Solo 24-25 Maret 2018.

Karenanya, Budi menyebut Kantor BI DIY terus melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM agar mampu membuat laporan keuangan melalui konsultan keuangan mitra bank,seperti Siapik (Sistem Aplikasi Informasi Keuangan).

Lebih lanjut Budi mengatakan konsultan keuangan mitra keuangan selalu bekerja sama dengan BI serta Dinas Koperasi dan UMKM. Ia menuturkan adanya pendampingan oleh BI ini efektif untuk membuat bank lebih percaya dalam menyalurkan kredit.(DEN)

Lebih dari 35 Titik di Jogja Ikut Melaksanakan Switch Off Earth Hour

Previous article

Halte Trans Jogja Diperlebar karena Banyak Penumpang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja