Flash InfoTechno

Hebat ! 3 Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi Shell Ideas360 di London

0

Starjogja.com, Jogja – Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjuarai kompetisi Shell Ideas360 di London, Inggris. Mereka menciptakan gagasan “Smart Car Microalgae Cultivation Support”, ide mobil energi sampah.

Seperti yang dilansir Starjogja.com dari Detik.com, tiga mahasiswa Indonesia dari UGM, yakni Herman Amrullah, Sholahuddin Alayyubi, dan Thya Laurencia Benedita Araujo berhasil menjadi juara kompetisi Shell Ideas360 2017/2018 dengan mengusung gagasan di sektor energi berjudul “Smart Car Microalgae Cultivation Support (MCS)” pada Kamis (5/7/2018) di London, Inggris.

Mereka mengalahkan 4 tim finalis lainnya yang berasal dari 4 negara yaitu tim mahasiswa dari American University of Sharjah (Uni Emirat Arab), University of Texas (Amerika Serikat), University of Bordeaux (Perancis) dan University of Melbourne (Australia).

Tim Smart Car MCS dari UGM menuaikan ide kreatif untuk tenaga kendaraan bermotor yang lebih ramah lingkungan. Mereka dapat mengonversikan limbah plastik menjadi energi alternatif baru yang rendah emisi.

Smart Car MCS didesain dengan reaktor pirolisis yang dapat menampung sebanyak 2 kg sampah plastik. Proses pirolisis plastik adalah proses degradasi plastik menggunakan panas suhu tinggi tanpa adanya oksigen. Sumber panas datang dari gas buang knalpot mobil yang suhunya dapat mencapai di atas 400ºC.

Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Microalgae Cultivation Support (MCS) yang digunakan untuk mengurangi jumlah CO2 gas buang pada kendaraan. Pengembangan Smart Car ini tidak hanya dapat memproduksi bahan bakar dan biofuel, namun juga mengurangi persoalan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Tim Smart Car MCS menjadi satu-satunya tim mahasiswa Indonesia yang sukses mencapai tahap final dan menjadi juara sejak pertama kali kompetisi Shell Ideas360 diadakan di tahun 2013.

Keberhasilan Tim Smart Car MCS, ternyata tak hanya sukses merebut hati para juri melalui gagasan Smart Car Microalgae Cultivation Support, namun juga berhasil mendapatkan dukungan terbanyak dalam jajak pendapat dan menjadi gagasan terfavorit pilihan publik atau Audience Choice.

Bayu

Daftarnya Sekarang, Berangkatnya 20 Tahun Lagi

Previous article

Hingga Hari Terakhir, Kuota 99% PPDB SMP Sleman Terpenuhi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info