Kab SlemanNews

Satpol PP Sleman Segel Satu Toko, Lima Toko Pilih Tutup Sendiri

0

Satu unit toko berjejaring di Gamping Sleman disegel oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Senin (18/1/2016). Toko tersebut ditutup paksa karena nekad beroperasi.

Sementara lima unit toko lainnya yang sebelumnya dipanggil Pemerintah Kabupaten (Pemkab), memilih untuk menutup sendiri usahanya.

Puluhan personel Satpol PP Sleman mendatangi enam unit toko modern di empat kecamatan berbeda. Selain Toko Modern Alfamart di Wadas, Tridadi, Sleman, Satpol PP juga mendatangi dua unit toko modern (Alfamart dan Indomaret) di sekitar Pasar Cebongan, Sumberdadi, Mlati.

Dari tiga unit toko yang didatangi tersebut, penyegelan tidak dilakukan karena pemilik usaha lebih dulu menutup usahanya. Begitu juga denga dua unit toko modern (Alfamart dan Indomaret) yang bersebelahan dengan Pasar Setan, Tajem, Maguwoharjo, Depok.

Berbeda dengan lima unit toko yang semuanya tutup, Satpol PP menyegel satu unit toko modern tetap beroperasi di depan Pasar Buah Gamping Sleman. Toko tersebut terpaksa disegel lantaran beroperasi sebelum kedatangan Satpol PP.

Dua karyawan toko tersebut mengunci pintu masuk toko tersebut dengan rantai gembok dan melarikan diri. Karena tergesa-gesa, karyawan toko tersebut belum sempat menutup pintu teralis, mematikan lampu, AC, dan TV monitor di toko tersebut.

Kepala Satpol PP Sleman Joko Supriyanto mengatakan, fakta tersebut menjadi bukti kalau toko tersebut sebelumnya tetap beroperasi. Dikarenakan melanggar, pihaknya melakukan penyegelan terhadap toko tersebut.

Keenamnya ditutup karena melanggar peraturan daerah (Perda) No. 18/2012 tentang izin toko modern. Meski lima toko tidak disegel, kata Joko, petugas Satpol PP di kecamatan akan terus memonitor keberadaannya. Jika kedapatan masih beroperasi, pihaknya akan langsung menutup toko tersebut.

SK Pemberhentian Paku Alam IX Tiba

Previous article

Baca Perasaan Orang Lewat Mata

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman