Kota JogjaNews

Pemkot Gagas Ruang Terbuka Biru

0

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja tengah menggagas kemungkinan pembangunan ruang terbuka biru untuk melengkapi kawasan ruang terbuka hijau sebagai konsep pembangunan berwawasan lingkungan.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Jogja, Edy Muhammad mengatakan ruang terbuka biru secara teknis lebih pada menjaga ketersediaan air dalam jangka panjang. Sementara ruang tebuka biru menjaga pemenuhan udara segar. Namun kedua istilah itu memiliki kesamaan dalam menjaga lingkungan.

Gagasan itu diakui Edy saat ini masih dalam kajian bersama akademisi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), “Bulan depan mudah-mudahan sudah ada hasil kajian dan lokasi yang bisa dijadikan ruang tebuka biru,” kata Edy saat ditemui di Masjid Komplek Balai Kota Jogja, Jumat (15/4/2016).

Edy mengatakan ruang terbuka biru lebih mengedepankan penyediaan air. Dalam teknisnya, bisa membuat tampungan dari sumber mata air, seperti Embung Langensari, di Gondokusuman yang dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBWSO).

Pihaknya masih mengkaji titik mana saja yang memungkinkan dibangun ruang terbuka hijau. Salah satu yang masuk kajian adalah di kawasan Tegalturi, Giwangan, Umbulharjo yang saat ini digunakan sebagai area persawahan.

Pelantikan Wagub Tak Bisa di Gedung Agung

Previous article

Hati-Hati, Garam Bisa Sebabkan Retensi Cairan dalam Tubuh

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja