Kota JogjaNews

Masyarakat DIY Harus Jeli Pilih Hunian

0
serah terima rumah
ilustrasi pembangunan rumah

DPD Real Estate Indonesia (REI) DIY mengimbau masyarakat yang akan membeli hunian untuk berhati-hati dan jeli memilih produk yang aman dan legal.

Ketua DPD REI DIY Nur Andi Wijayanto mengatakan, konsumen harus tegas dan berani meminta keterangan detail dari pengembang. Sebaliknya, pihak pengembang harus bersedia secara transparan menunjukkan perizinan yang dimiliki. Konsumen harus memastikan segala bentuk perizinan sudah dilengkapi sehingga mereka menginvestasikan uangnya untuk hal yang aman.

Andi mengatakan, jika pihak pengembang tidak bisa menunjukkan keduanya, maka konsumen wajib curiga dan mengambil langkah bijak. Konsumen sebaiknya menunda dulu pembelian sampai izin-izin dipenihi. Tanpa izin prinsip, pengembang belum bisa memasarkan produknya.

Setelah memiliki izin prinsip, setiap pengembang baru bisa mengurus hak guna bangunan dan mengurus izin site plan. “Kami persilakan pengembang untuk membangun hunian. Tapi follow the rule. Ikutilah aturannya. Kalau sampai menyalahi aturan, REI akan berteriak paling keras,” ungkap dia.

Ia berharap, masyarakat semakin bijak dalam membeli hunian. Para konsumen harus bersikap hati-hati. Selain itu, pengembang diharapkan tidak mengabaikan aturan yang ada. “Kami tidak ingin ada lagi masyarakat yang menjadi korban dengan membeli hunian yang bermasalah,” kata dia.Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja |

Berbagi Kasih Ala Museum De MATA & ARCA

Previous article

PT KAI Sebut Relokasi Pedagang untuk Kenyamanan Masyarakat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja