Flash InfoLifestyle

Kerja Shift? Begini Caranya Jaga Kesehatan

0
UMP DIY 2023
pegawai (ist)

Para pekerja shift seringkali mengalami beberapa masalah kesehatan mulai dari stres hingga gangguan tidur (insomnia). Agar tetap sehat kendati harus bekerja bergilir, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Dr. Iwan Siahaan dari Fakultas Kodekteran Universitas Indonesia memberikan sejumlah saran untuk para pekerja yang menjalani sistem kerja bergilir. Berikut ini beberapa saran yang bisa diterapkan:

Tidur Cukup
Setelah menjalani giliran kerja, usahakan langsung tidur secepatnya. Tidur cepat bermanfaat untuk memaksimalkan istirahat.

Iwan menambahkan waktu tidur yang ideal adalah enam jam. Selain itu, pada waktu siang hari bisa diusahakan tidur sejenak selama 20-30 menit. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi rasa kantuk saat malam.

Matikan Gadget
Agar tidur lebih berkualitas, Iwan menyarankan untuk menghindari suara bising, mematikan handphone, dan menggunakan earplug. Makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan.Usahakan menghindari makanan berat, kopi, teh, dan alkohol sebelum tidur.

Olahraga
Selain urusan tidur, mempertahankan kebugaran tubuh juga penting. Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga teratur selama 20 menit sebelum bekerja. Bisa dengan aerobik, berjalan kaki, bersepeda, jogging, atau berenang. Selain itu, usahakan juga untuk menghindari olahraga tiga jam sebelum tidur.

Rilis di Indonesia, PS VR Dilego Rp6,6 Juta

Previous article

Ditentang 1.000 Orang, PBB Tetap Jadikan Wonder Woman Jadi Duta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info