Flash InfoLifestyleMusicTechno

Catatan Peristiwa Hari Ini 10 januari

0

Pada 10 Januari terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Berikut beberapa peristiwa pada 10 Januari yang dihimpun StarJogja.com dari Solopos.com.

49 SM
Julius Caesar, seorang kaisar Romawi melakukan kesalahan dengan menyeberangi sungai Rubicon yang mencetuskan peperangan. Hal itu disebabkan oleh hukum yang berlaku di Romawi melarang seorantg jenderal menyeberangi sungai tersebut dengan membuawa pasukan. Saat itu, Julius Caesar diketahui menyebrangi sungai tersebut untuk  mengejar seorang penjahat bernama Gnaeus Pompeius Magnus.

1806
Pemerintah Belanda menyerahkan Cape Town kepada Kerajaan Inggris. Cape Town merupakan ibu kota negara Afrika Selatan, yang memiliki pelabuhan besar di pinggir Samudra Atlantik. Kota ini awalnya didirikan oleh pemerintah Belanda dengan nama Kaapstad pada 1652. Namun, pada 1806, kota ini direbut oleh Kerajaan Inggris.

1810
Napoleon Bonaparte, Kaisar Prancis bercerai dengan istri pertamanya, Josephine de Beauharnias pada 10 Januari 1810. Perceraian keduanya disebabkan oleh perselingkuhan Napoleon dengan gadis Polandia bernama Maria Walewska.

1920
Liga Bangsa-Bangsa, sebuah organisasi internasional yang didirikan guna menyelesaikan pertentangan antar negara pada 1919 mengadakan pertemuan pertama untuk meratifikasi Perjanjian Versailles. Perjanjian ini berisi kesepakatan perdamaian antara pihak sekutu (Rusia, Inggris, Perancis, dan lain-lain) dengan blok sentral(Jerman, Austria, Turiki, dan Bulgaria) untuk mengakhiri Perang Dunia I.

1929
Georges Prosper Remi alias Herge, komikus asal Belgia memulai debutnya dengan membuat komik bertajuk Petualangan Tintin. Herge menggambarkan sosok Tintin sebagai wartawan muda yang selalu ditemani anjing setianya, Milo untuk berpetualang ke seluruh penjuru dunia. Komik buatannya itu kali pertama diterbitkan surat kabar Le Petit Vingtieme pada 10 Januari 1929.

1964
Perusahaan rekaman Vee Jay Records merilis album pertama milik grup musik The Beatles di Amerika Serikat. The Beatles merupakan salah satu grup musik beraliran rock legendaris dunia. Grup musik yang dibentuk pada 1960 di Liverpool, Inggris ini memiliki banyak penggemar di hampir seluruh penjuru dunia.

1996
Tentara militer Israel membebaskan ratusan tahanan Palestina. Hal itu terjadi lantaran kelompok Hamas mendesak pihak Israel membebaskan para tahanan agar mereka bisa mengikuti pemilihan umum di Palestina.

2005
British Petroleum, sebuah perusahaan minyak bumi yang bermarkas di London, Inggris memberi sumbangan senilai 1,6 juta Poundsterling, setara Rp26 miliar untuk membantu korban tsunami di Asia Tenggara.

2014
Pemerintah Israel mengadakan peringatan Holocaust untuk kali pertama yang didedikasikan untuk kaum gay dan lesbian. Holocaust merupakan pembunuhan besar-besaran terhadap sekitar enam juta penganut Yahudi di Eropa saat Perang Dunia II. Rencana pembunuhan ini kabarnya didukung penuh oleh pemimpin NAZI Jerman, Adolf Hitler. Peringatan Holocaust ini diadakan di pusat Kota Tel Aviv, Israel pada 10 Januari 2014.

2016
David Robert Jones alias David Bowie, seorang musisi ternama asal Inggris meninggal dunia dalam usia 69 tahun. Ia telah menghabiskan berkarya di dunia musik selama empat dekade. Ia pernah bekerja sama dengan John Lennon daslam pembuatan lagu Fame yang kemudian menjadi hits di Amerika Serikat. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Naik Motor Ini Jangan takut Jatuh

Previous article

Apakah Ini Kembaran AHY Calon DKI 1?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info