Kota JogjaNews

Ribuan Surat Suara Bernoda Digunakan KPU Kota Jogja

0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja mensortir ulang ribuan surat suara yang masuk katagori rusak dalam proses pensortiran dan pelipatan selama sepekan lalu. Hasil sortir ulang akan digunakan untuk pemungutan surat suara 15 Februari mendatang.

Ketua KPU Kota Jogja, Wawan Budianto mengatakan ada 11.000-an lembar surat suara yang digunakan kembali hasil pensortiran ulang. Karena kerusakan itu hanya titik noda tinta. Sementara surat suara yang benar-benar rusak dan tidak memungkinkan untuk digunakan sebanyak 392 lembar.

“Karena sobek, noda tintanya terlalu besar, dan cetakan kurang lengkap,” kata Wawan, saat dihubungi Minggu (15/1/2017). Pihaknya pun segera menyamaikan jumlah kerusakan surat suara untuk dicetak ulang ke percetakan.

Menurut Wawan, digunakannya kembali hasil sortir ulang surat suara sudah melalui kesepakatan bersama dalam rapat dengan Panitia Pengawas Kota Jogja dan perwakilan tim sukses kedua pasangan calon walikota dan wakil walikota, kemrin siang.

Kesepakatan itu juga akan ditindaklanjuti dengan surat edaran KPU Kota Jogja ke semu kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Edaran tersebut menjelaskan titik kecil noda tinta dalam surat suara dianggap sah. Hal tersebut supaya KPPS tidak kebingungan saat pemungutan suara.  | Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja |

Penjual Tembakau Gorila Di Tangkap

Previous article

United Tertahan Liverpool

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja