Kota JogjaNews

Akhirnya, Harga Cabai Rawit Merah Mulai Turun

0

Harga cabai rawit merah perlahan mulai turun menjadi Rp110.000 per kilogram. Pedagang sayur di Pasar Beringharjo optimis harga komoditas ini mulai berangsur normal.

“Baru mulai hari ini [kemarin] harganya jadi Rp110.000 per kilo. Sebelumnya, harganya Rp130.000 sampai Rp120.000 per kilo,” ujar Yani, salah satu pedagang yang ditemui Harianjogja.com, Jumat (10/3/2017).

Sudah beberapa bulan ini, harga cabai rawit merah di pasaran melambung. Bahkan, harga cabai ini sempat menembus Rp150.000 per kilogram.

Diakui Yani, selama beberapa hari ini, harga cabai rawit merah semakin turun. Penurunan harganya secara bertahap sekitar Rp10.000. “Sebentar lagi, harganya mudah-mudahnya semakin normal,” ujar Yani.

Harga cabai jenis lain, juga relatif masih normal meski cenderung mahal. Seperti cabai merah keriting yang rata-rata dilego dengan harga Rp25.000 sampai Rp35.000. Sejak harga cabai rawit merah mahal, para pedagang terus mengurangi pasokannya, dari 25 kilogram menjadi sepuluh kilogram per harinya.

“Karena selama harganya masih mahal, pelanggan yang biasanya beli satu kilo, jadi hanya beli seperempat kilogram saja. Tapi pelan-pelan makin normal, stok nanti pasti ditambah,” jelasnya.

Denok, pedagang cabai lainnya di Pasar Beringharjo ini juga mengaku pembelian cabai perlahan kembali normal. Dia mengaku cabai rawit merah yang dijualnya diambil dari petani cabai di Sleman. Hal itu, kata dia, membuat harga cabai yang diperolehnya menjadi lebih rendah.

“Ambil dari petani di Sleman, harganya sudah mulai turun. Di tempat saya per kilonya Rp100.000, pembeli mulai banyak yang datang,” jelas Denok.

Sementara harga bawang merah juga masih terbilang mahal. Terdapat dua jenis bawang merah yang dipasok ke pasar utama Kota Jogja ini. Di antaranya bawang merah asal Brebes yang ukurannya lebih kecil dan bawang merah dari daerah lain di Jawa Tengah yang berukuran lebih besar.

Denok mengatakan, bawang merah yang ukurannya kecil masih dijual sekitar Rp40.000 per kilogramnya. Sedangkan paling murah adalah bawang merah yang berukuran lebih besar dan dijual dengan harga Rp35.000 per kilogramnya.

Bengkel Andong di Godean, Pelanggannya Mulai Kusir, Pembuat Film Hingga Bupati

Previous article

Jangan Konsumsi Ini Saat Kelaparan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja