Kota JogjaNews

Mulai 1 April Grafik Perjalanan KA Daops 6 Berubah

0
Manajer Humas KAI Daops VI Yogyakarta Eko Budianto ( FOTO : Star Jogja FM)

Star Jogja , Yogyakarta. Grafik perjalanan kereta api (Gapeka) di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 6 Yogyakarta, berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Nomor KA.07/SK.332/DJKA/12/16, Kementerian Perhubungan, mulai 1 April 2017 mengalami perubahan.

Manager Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Saat Berbincang di Star Jogja menyatakan, perubahan Gapeka 2017 di antaranya didasarkan pada pertimbangan frekuensi perjalanan kereta api (KA), penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dan KA lokal, penyesuaian pengisian air di KA, dan peningkatan kecepatan pada beberapa KA.Faktor tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat penguna jasa KA dengan tetap memperhatikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang.

Dalam Gapeka 2017, PT KAI Daops 6 Yogyakarta akan menambah empat frekuensi KA jarak jauh, yakni KA Ranggajati relasi Cirebon-Surabaya-Gubeng-Jember pulang pergi dan KA Joglokerto relasi Solo Balapan-Purwokerto pulang pergi. Meskipun ada penambahan frekuensi perjalanan KA, kata Eko, Gapeka 2017 secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan Gapeka sebelumnya.

Selain itu, mulai tanggal 31 Maret 2017, PT KAI akan memberlakukan aturan khusus mengenai penumpang KA yang sedang dalam kondisi hamil. Mengacu pada aturan tersebut, penumpang yang sedang dalam kondisi hamil diperbolehkan naik KA apabila usia kandungannya 14 – 28 minggu.

Apabila kurang atau lebih dari usia kehamilan tersebut, maka penumpang tersebut wajib melampirkan surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan. Disamping itu, penumpang wajib didampingi oleh minimal 1 orang pendamping. Eko menjelaskan Aturan ini dibuat guna menjamin keselamatan penumpang dari risiko yang tidak diinginkan.(Den)

DPRD Jogja Wacanakan Jukir Digaji APBD

Previous article

Ini Dia Kesalahan SEO yang Dilakukan Oleh Website Perusahaan Real Estate!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja