Kota JogjaNews

Blanko e-KTP datang meski jumlahnya terbatas

0
Cyber Security
JIBI

StarJogja.com, JOGJA – Blanko kartu tanda penduduk elektronik di Kota Yogyakarta yang sudah kosong sejak Oktober tahun lalu diperkirakan segera tersedia meskipun dalam jumlah terbatas.
Ditulis oleh Antara, Kepala Seksi Identitas Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo, mengatakan,  informasi sementara yang diperolehnya, jumlah blanko kartu tanda penduduk (KTP) elektronik yang akan didistribusikan untuk Kota Yogyakarta berjumlah tiga “outer” atau tiga kardus kecil. Di setiap “outer” terdiri dari empat “inner”. Masing-masing “inner” biasanya terdiri dari 456 keping atau 500 keping blanko KTP elektronik.

Sehingga total blanko KTP elektronik yang akan diterima Kota Yogyakarta mencapai sekitar 5.400 hingga 6.000 keping.

Dengan asumsi tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta kemudian akan mendistribusikan blanko KTP elektronik itu ke tiap kecamatan disesuaikan dengan jumlah kelurahan yang ada di kecamatan tersebut.

Proses pencetakan KTP elektronik akan sepenuhnya dilakukan di kecamatan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta tidak akan membatasi warga yang ingin mengakses pencetakan KTP elekrtonik.

Sepanjang data kependudukan sudah dapat dicetak, maka warga bisa melakukan pencetakan KTP elektronik. “Ada beberapa data yang belum melalui proses penunggalan data sehingga tidak bisa dilakukan pencetakan KTP elektronik,” katanya.

Data yang belum melalui proses penunggalan data adalah rekaman data kependudukan yang dilakukan sejak September 2016 hingga saat ini karena ada masalah dengan pusat data di Jakarta.

Bram mengatakan, jumlah blanko KTP elektronik yang akan diterima Kota Yogyakarta memang belum akan memenuhi kebutuhan karena dari September 2016 hingga saat ini sudah ada lebih dari 26.000 penduduk yang mengajukan perekaman data.

(AM)

Samsat Desa permudah masyarakat megurus pajak kendaraan

Previous article

Makanan kaya potasium bisa turunkan tekanan darah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja