Kota JogjaNews

“Depresi: Yuk Curhat!” Jadi Tema Hari Kesehatan Sedunia

0

Star Jogja,Jogja. Tanggal 7 April diperingati oleh seluruh masyarakat di dunia sebagai Hari Kesehatan Sedunia. Tahun ini, tema global HKS 2017 adalah “Depression: Let’s Talk” dengan tema nasional adalah “Depresi: Yuk Curhat!”.

harikesehatan

Sumber Gambar : http://malahayati.ac.id

dr Iva Kusdyarini,Ka Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menjelaskan Depresi adalah sebuah keadaan yang memiliki gejala berupa rasa sedih yang berkepanjangan dan hilangnya minat untuk melakukan kegiatan yang biasa disukai, diikuti penurunan kemampuan menjalankan kegiatan yang biasa dilakukan.Depresi dapat terjadi pada siapapun, dalam usia berapapun.

Depresi kerap tampak dalam bentuk gangguan tidur, perubahan nafsu makan, perasaan bersalah atau tidak berguna, lelah berkepanjangan, bahkan pemikiran menyakiti diri sendiri. Meskipun depresi mempengaruhi semua kelompok demografis, remaja dan usia dewasa muda adalah kelompok yang kerap mengalaminya, begitu juga wanita dalam usia produktif (terutama setelah melahirkan) dan yang berusia 60 tahun.

Sebuah fakta yang perlu diketahui, bahwa depresi yang berlarut-larut dan tidak ditangani, dapat mengantarkan pada tindakan bunuh diri. Hampir 800.000 kematian akibat bunuh diri terjadi setiap tahun terjadi di dunia atau dengan kata lain setiap 40 detik, seorang meninggal karena bunuh diri.Data Dinkes Kota Yogyakarta , jumlah penderita depresi tahun 2015 ada 424, bunuh diri 2, percobaan bunuh diri 5, tahun 2016 ada 504 kasus. Kasus bunuh diri 1, percobaan bunuh diri 4.( DEN)

Ssst ! Ini Usia Tepat Menikah Menurut Penelitian

Previous article

Eastparc Hotel Yogyakarta Ajak Peduli dengan Donor Darah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja