Kota JogjaNews

Di Kota Jogja 6.721 lulusan SMA menganggur

0
Negosiasi gaji
sumber harianjogja.com

StarJogja.com, JOGJA – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KUKM-Nakertrans) Kota Jogja mencatat jumlah pengangguran mencapai 6.721 orang dari 184.921 orang angkatan kerja usia diatas 15 tahun.

Dikutip dari laman Harian Jogja.com, Kepala Dinas KUKM-Nakertrans Kota Jogja, Lucy Irawati mengatakan dari jumlah pengangguran itu 1.479 (45,79%) di antaranya lulusan sekolah menengah atas (SMA).

Adapun Lucy mengatakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Jogja untuk menenkan angka pengangguran di antaranya melalui gelar job fair. Lowongan pekerjaan yang ditawarkan secara gratis itu dari berbagai sektor usaha, di antaranya biro wisata, garmen, dan jasa perdagangan. Dalam bulan ini, Kementerian Tenaga Kerja dan Dinas KUKM-Nakertrans menggelar tiga kali job fair di Kota Jogja, yakni di sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 6 Jogja 7-8 April, SMK Negeri 3 Jogja 19-20 April dan SMK Negeri 5 Jogja 21-22 April.

Menanggapi banyaknya pengangguran yang ada di Kota Jogja, Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja, Agung Damar Kusumandaru mengatakan sebenarnya sudah banyak anggaran dari APBD Kota Jogja untuk pengentasan pengangguran, misalnya untuk kursus dan pelatihan.

Agung mengkritisi, masih banyaknya pengangguran di Kota Jogja tidak sejalan dengan banyaknya investasi yang masuk ke kota Jogja terutama dibidang perdagangan, jasa dan perhotelan. Karena itu pihaknya dalam waktu dekat perlu mengundang Dinas KUKM-Nakertrans, Dinas Sosial, Dinas Perizinan dan Kecamatan untuk membahas persoalan tersebut. (AM)

 

DKP tanamkan jiwa bahari pada nelayan di Kulon Progo

Previous article

Pesan makanan mahal dan tak mau bayar, ahirnya ditangkap Polisi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja