Kab BantulNews

Awas ! Ubur Ubur Ancam Pengunjung Parangtritis

0
Ubur-ubur api di Kulonprogo
ubur ubur pantai Jogja (Harianjogja)

STARJOGJA- BANTUL—Ubur-ubur sudah mulai muncul dan menepi di Pantai Parangtritis di Kecamatan Kretek. Pada Sabtu (1/7/2017) lalu, anggota SAR Parangtritis menemukan satu ubur-ubur berukuran besar dan belasan ubur-ubur berukuran kecil yang sampai di pinggir pantai.

Komandan SAR Parangtritis, Ali Joko Sutanto, mengungkapkan gelombang laut yang mulai tenang dengan ketinggian normal antara satu dan dua meter memudahkan ubur-ubur untuk sampai di tepian Pantai Parangtritis yang landai.

Alhasil, wisatawan perlu mewaspadai adanya musim ubur-ubur yang siklusnya terjadi setiap tahun ini. “Ini kan siklus tahunan, tidak bisa mencegah hanya bisa mengimbau agar wisatawan lebih berhati-hati,” katanya, Senin (3/7/2017).

Wisatawan perlu waspada saat bermain air di pantai sebab sengatan ubur-ubur bekerja saat di dalam air. Jika tentakelnya yang panjang terkena bagian tubuh maka akan terasa panas sengatan. Efek sengatan ubur-ubur berukuran kecil dengan tentakel yang sedikit, relatif lebih tidak sakit dari sengatan ubur-ubur berukuran besar. “Makin besar ukuran ubur-ubur artinya makin tua umurnya, tentakel makin banyak dan panjang. Efek sengatannya lebih parah,” ucap Ali.

Namun, jika ubur-ubur terdampar di pasir pantai, tidak terkena air dan telah terpapar sinar Matahari, ubur-ubur itu akan mati. Ubur-ubur yang sudah mati tidak berbahaya jika dipegang karena sengatnya sudah tidak berfungsi lagi. Ali menambahkan puncak musim ubur-ubur diprediksi akan terjadi pada pertengahan Agustus depan.

Pelaksana Harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bantul Dwi Daryanto mengungkapkan hawa dingin musim pancaroba membuat ubur-ubur berdatangan. Apalagi gelombang tinggi El Nino lepas pantai selatan yang menghambat mereka sampai ke tepian sudah mulai kembali normal.(Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja )

Kapolda DIY : Operasi Ramadniya Sukses Amankan Lebaran

Previous article

Sultan Minta Taksi Online Patuh

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul