Kota JogjaNews

BMKG Minta Masyarakat Bersiap Masuki Pancaroba

0
hujan lebat Yogyakarta
Ilustrasi hujan

STARJOGJA, JOGJA – BMKG DIY memperkirakan, musim pancaroba terjadi pada pertengahan September 2017. Beralihnya musim panas ke penghujan diperkirakan terjadi pada minggu ketiga September hingga minggu kedua Oktober 2017.Masyarakat diminta mewaspadai cuaca ekstrim yang dimungkinkan terjadi dalam peralihan msim ini.

Staf Seksi Data dan Informasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Indah Retno Wulan kepada Star Jogja menjelaskan, wilayah DIY di sisi utara akan merasakan pancaroba terlebih dahulu. Kemudian, disusul wilayah Sleman bagian selatan, Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Bantul dan Kabupaten Gunungkidul.

Indah menjelaskan, awal musim pancaroba ditandai turunnya hujan dengan insensitas sedang pada siang atau sore hari selama beberapa waktu. Kemudian, intensitas hujan semakin sering dan besar.Selain itu, juga ditandai dengan hadirnya awan cumolonimbus yang berwarna abu-abu gelap. Awan itu pembawa hujan.

BMKG mengimbau masyarakat agar bersiap diri menghadapi musim pancaroba.Masa pancaroba biasanya diikuti potensi hujan deras , angin puting beliung dan juga petir.Ia juga meminta nelayan lebih berhati-hati saat melaut.

Kini antrean permohonan paspor bisa diakses online

Previous article

Panen, nelayan mampu tangkap ikan 1 kuintal per hari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja