Kota JogjaNews

Mobile JKN Permudah Akses BPJS Kesehatan

0

STARJOGJA, JOGJA- BPJS Kesehatan terus meningkatkan akses untuk mempercepat pendaftaran kepersertaan.Masyarakat kini tak harus datang ke kantor BPJS untuk melakukan pendaftaran.

Ahmad Sofwan, Relationship Officer BPJS Yogyakarta mengatakan,Selain di kantor cabang, pendaftaran juga dapat dilakukan melalui website maupun BPJS care center 1500-400. Untuk pendaftaran BPJS Kesehatan melalui call center ini cukup mudah, karena calon peserta hanya cukup menyampaikan data diri yang sesuai dengan KK dan juga KTP dan tidak perlu menggunakan foto. Kalau sudah jadi, kartu peserta JKN-KIS akan dikirim ke alamat,

Pendaftaran juga bisa melalui sistem dropbox yang ada di kantor kecamatan, aplikasi mobile dan melalui kader JKN.Pendaftaran juga bisa dilakukan di ‘point if service’ di pusat perbelanjaan seperti mall dan layanan mobile.Hal ini dilakukan untuk semakin mendekatakan BPJS Kesehatan dengan masyarakat sehingga nantinya target cakupan jaminan kesehatan semesta atau universal health coverage yaitu 95% dari total jumlah penduduk.

Mobile JKN dapat diunduh melalui smartphone berbasis android maupun IOS.Ia menambahkan,lewat aplikasi ini peserta BPJS kesehatan juga bisa melakukan perbaikan atau perubahan data pribadi. Perubahan data peserta BPJS kesehatan yang bisa dilakukan yakni nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, hingga kelas rawat dan fasilitas kesehatan.

Di akhir perbincangan Sofwan menepis informasi soal kabar pergantian kartu Askes dan BPJS lama yang disebut harus dilakukan hingga akhir Oktober.Ia menegaskan Kartu ini tetap berlaku untuk mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan.Jika ada yang menolak melayani pemegang kartu ini maka mereka diminta melaporkan ke kantor BPJS Kesehatan.(DEN)

Peneliti Ungkap Mengapa Alis Mata Tebal Disukai

Previous article

Festival Jogja Kota Batik siap digelar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja