Kab SlemanNews

Bupati imbau warga waspadai banjir dan DB

0
Perantau Tunda Mudik
Bupati Sleman Sri Purnomo

Starjogja.com, Sleman – Memasuki musim penghujan, masyarakat Cangringan diingatkan untuk mewaspadai potensi bencana banjir. Masyarakat yang bermukin di bantaran sungai diminta siaga ketika hujan datang terus menerus.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo saat safari jumat di Argomulyo, Jumat (20/10/2017), seperti dikutip dari Harianjogja.com.

Selain itu, masyarakat juga diminta menyiapkan diri dalam hal kesehatan khususnya mengantisipasi penyakit demam berdarah.

Selama musim hujan, warga diharpkan peka menguras bak mandi atau genangan air yang mungkin didiami jentik. Wadah air seperti bak atau kolam harus selalu dikuras. Sedangkan sampah salah satunya kaleng bekas, yang kerap luput dari perhatian, ujar bupati, juga harus dibuang.

Wilayah Sleman utara sendiri saat ini dinyatakan sudah masuk dalam awal musim hujan. Pasalnya, curah hujan dalam satu dasariannya sudah lebih dari 50 mm. Djoko Budiyono, Kepala kelompok Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Yogyakarta mengatakan wilayah utara memang cenderung duluan. “Utara kisaran Merapi sudah terdeteksi musim hujan,” katanya sebelumnya.

Curah hujan ini akan semakin meningkat hingga puncaknya pada Januari hingga Februari mendatang. Sebagian besar wilayah DIY lainnya diperkirakan akan mulai menyusul masuk musim hujan pada periode 20 sampai 30 Oktober. Sedangkan Gunungkidul akan menjadi daerah terakhir yang diguyur hujan pada pertengahan November. (Am)

Jogja Belum Terapkan Tilang CCTV

Previous article

PSMS Medan didenda 30 juta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman