Flash InfoLifestyle

10 Makanan Mencegah Asam Urat & Batu Ginjal

0

STARJOGJA, HEALTH – Kita semua pernah mendengar asam urat, tapi sangat sedikit dari kita yang benar-benar tahu apa artinya.

Asam urat dihasilkan dari kerusakan alami sel tubuh dan dari makanan yang Anda makan. Sebagian besar asam urat disaring oleh ginjal dan keluar dari tubuh melalui air kencing. Sejumlah kecil asam urat juga hilang dari tubuh melalui tinja.

Namun, jika terlalu banyak asam urat diproduksi atau jika ginjal tidak bisa mengeluarkannya dari darah secara normal, maka kadar asam urat dalam darah meningkat.

Akibatnya, kristal padat terbentuk di dalam persendian, mengakibatkan kondisi nyeri yang disebut gout. Asam urat tingkat tinggi juga bisa menyebabkan batu ginjal atau gagal ginjal.

Ada banyak tip diet untuk pasien asam urat tinggi. Anda mungkin perlu mengurangi asupan alkohol, makanan bergula dan mengurangi makanan kaya purin seperti daging, unggas, makanan laut dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan kaya purin menyebabkan asam urat.

Berikut adalah daftar makanan untuk mengurangi asam urat dan mencegah asam urat dan batu ginjal.

Sumber : www.boldsky.com

1.Air

Air adalah obat mujarab kehidupan. Air memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk kelebihan asam urat. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menyembuhkan asam urat secara permanen, pastikan Anda mengonsumsi setidaknya 10 sampai 12 gelas air putih setiap hari. Ini adalah perawatan yang paling mudah dan murah. Dengan melakukan ini, Anda bisa menjaga kadar asam urat Anda normal. Inilah salah satu alasan dokter meminta kita minum cukup air putih.

2.Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin C dan membantu mengurangi keasaman tubuh dan tidak berkontribusi terhadap penumpukan asam urat. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana menurunkan kadar asam urat dengan cepat, pastikan Anda mengonsumsi sayuran berdaun hijau sebanyak mungkin

3.Flaxseed oil

Flaxseeds dan minyak biji rami mengandung lemak esensial yang disebut Omega 3, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan.

 

4.Buah – buahan

Buah seperti anggur, nanas, ceri dan buah beri mengandung zat antiinflamasi yang disebut anthocyanin, yang membantu mengurangi kadar asam urat. Buah ini juga mencegah asam urat untuk mengkristal dan disimpan di sendi.

5.Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C. Asam sitrat yang ditemukan dalam jeruk nipis adalah pelarut asam urat. Peras jus setengah dari jeruk nipis dalam segelas air dan minumlah airnya. Ulangi ini dua kali sehari untuk menjaga tingkat asam urat Anda normal.

 

6. Cuka apel

Cuka apel memiliki antioksidan dan antiinflamasi yang luar biasa yang dapat menurunkan kadar asam urat di tubuh Anda. Cuka sari apel bisa mengeluarkan asam urat yang tidak diinginkan dari tubuh. Sangat penting untuk diingat bahwa jangan mengonsumsi cuka sari apel secara langsung. Pastikan Anda mencampurnya dengan air yang cukup dan mengonsumsinya dua kali atau tiga kali sehari.

7.Wortel, bit, mentimun

Kombinasi jus wortel, jus bit dan jus mentimun adalah obat yang efektif untuk mengobati asam urat tinggi dalam darah.

 

8. Produk susu rendah lemak

Ide bagus lain untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh adalah mengonsumsi produk susu rendah lemak. Pastikan Anda memasukkan susu dan dadih rendah lemak. Ini akan mencegah pembentukan asam urat tinggi dalam darah.

9. Makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Makanan ini menyerap asam urat dari aliran darah dan membantu menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh melalui ginjal. Jika Anda memiliki tes darah dan telah didiagnosis dengan asam urat tinggi, cobalah konsumsi gandum, brokoli, jelai, mentimun, seledri dan wortel. Buah-buahan seperti pir, apel, jeruk, stroberi dan blueberry juga kaya akan serat.

10.teh Hijau

Teh hijau sangat populer akhir-akhir ini karena banyak orang sudah mulai menyadari manfaatnya. Teh hijau adalah agen detoksifikasi yang hebat dan menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Konsumsi teh hijau setiap hari juga bisa mengobati asam urat tinggi di tubuh. Pada akhirnya, risiko encok dicegah.

LINTAS KOTA : Generasi Muda Harus Bersatu Lawan Radikalisme

Previous article

Indef Usul Tarif Bawah Taksi Online Jogja Rp24.985 per Jam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info