Kab SlemanNews

Wakil Bupati Sleman Kukuhkan Anggota FKUB

0

Starjogja.com, Sleman – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sleman telah dikukuhkan oleh Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, pada hari Selasa (14/11) bertempat di Aula lantai III Setda Kabupaten Sleman. Pengukuhan tersebut dalam rangka membangun , memelihara, dan memberdayakan umat beragama, demi terwujudnya kerukunan dan kesejahteraan antar umat beragama.

Sri Muslimatun dalam sambutannya mengatakan bahwa perbedaan agama dan kepercayaan seringkali dijadikan alat pemecah persatuan dankerukunan umat oleh kelompok-kelompok tertentu. Menurutnya hal tersebut dikarenakan mereka lupa dengan makna dan hakikat dari BhinekaTunggal Ika yang melekat pada lambang negara kita.

”Kondisi ini jika tidak disikapi dengan serius pada akhirnya akan menyeret masyarakat ke dalam konflik horizontal maupun vertikal. Oleh karena itu  dibutuhkan peran baik dari pengurus, anggota FKUB maupun seluruh warga masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya konflik antar umatberagama tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut Sri Muslimatun megungkapkan bahwa tokoh agama dan pemuka agama memiliki peran penting untuk memberikan pemahaman tentangkerukunan intern, antar dan antara umat beragama dengan pemerintah.

Ada sebanyak 18 orang yang dikukuhkan menjadi anggota FKUB pada kesempatan tersebut. Drs. H. Suwarso dari agama Islam dikukuhkan menjadi Ketua FKUB. Sementara Pdt. Heru Sumbodo, S.Si., M.A. dari agama Kristen dan Dr. Hastho Bramantyo, M.A dari agama Budha dikukuhkan menjadi Wakil Ketua FKUB. (Am)

Ngopinyastro, Napak Tilas Malioboro

Previous article

Perubahan iklim berdampak pada angka kematian

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman