Kota JogjaNews

Legislatif Ajak Gotong Royong Tangani Dampak Bencana

0

STARJOGJA, JOGJA – Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan terus meningkatkan rasa solidaritas dan gotong royong untuk bahu-membahu tangani dampak akibat anomali cuaca karena fenomena siklon tropis Cempaka.

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY menyatakan telah menerima laporan situasi terkini dari BPBD DIY atas dampak anomali cuaca dan tingkat kerusakan serta korban jiwa akibat bencana longsor.

“Kita sampaikan duka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan bersabar atas musibah ini, saat ini seluruh potensi penanggulangan bencana tengah bekerja,” kata Eko Suwanto, Rabu, 29/11/2017.

Dukungan langkah operasi penanggulangan bencana di daerah oleh BPBD DIY telah diberikan, termasuk opsi jika diperlukan tambahan anggaran operasional.

Seperti diketahui, kerusakan sejumlah fasilitas infrastruktur seperti jembatan, talud akibat terjangan air hujan hingga longsoran di sejumlah titik butuh penanganan lanjutan.

“Kita dukung jika memerlukan tambahan anggaran setelah ada laporan lengkap kebutuhan apa saja terkait penanggulangan bencana di daerah, ” kata Eko Suwanto.

Guna penanganan korban yang terpaksa mengungsi akibat banjir, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini meminta agar tenaga kesehatan siap memberikan pelayanan optimal.

“Kita rekomendasikan pemda untuk buka rumah sakit dan puskesmas di wilayah yang terdampak bencana, siap 24 jam, berikan layanan terbaik untuk rakyat yang terdampak. Kita harapkan Pemda juga menjamin kebutuhan air bersih dan air minum bagi masyarakat diwilayah yang terkena bencana. Bagi masyarakat yang akan gotong royong sebaiknya koordinasi dgn BPBD DIY agar mengetahui peta kebencanaannya dan peta kebutuhan masyarakat yang terkena dampak bencana,” kata Eko Suwanto.

Secara khusus Komisi A DPRD DIY yang bermitra dengan BPBD DIY telah rekomendasikan prioritas penanganan korban dan warga terdampak. Terkait koordinasi penanggulangan bencana, telah ada garis komando di masing-masing wilayah. “Kita percaya dengan gotong royong, masalah akibat bencana ini akan cepat selesai. DPRD bersama Pemda DIY sd pemerintah desa tentu akan bekerja keras dan tanpa lelah membantu masyarakat.”, ujar Eko Suwanto

Dua Anjing Pelacak Dikerahkan Cari Korban Tertimbun Longsor Kulonprogo

Previous article

Hingga Rabu Petang, 4.693 Jiwa di Bantul Masih Mengungsi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja