Kab SlemanNews

Pesta Kembang Api di TLWC Sleman Ternyata Menimbulkan Masalah

0

STARJOGJA,SLEMAN –Pesta kembang api dengan 300 tembakan di objek wisata ilegal The Lost World Castle, Petung, Cangkringan, Sleman dinilai merusak upaya pengendalian aktivitas manusia di Kawan Rawan Bencana (KRB) tersebutPengendalian aktivitas ini sendiri berkaitan dengan upaya mitigasi risiko jangka panjang.

Kepala Seksi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja, Agus Budi Santoso mengatakan hal ini juga rawan menjadin contoh buruk yang kemudian ditiru masyarakat.

“Apalagi arealnya di sana, yang aktivitasnya sebenarnya perlu dikendalikan,” katanya Selasa (2/1/2018).

Ia mengatakan pengendalian aktivitas di kawasan tersebut sebenarnya juga berkaitan dengan bangunan dan manusianya. Dengan demikian, ketika ada bahaya maka resiko yang harus dijalani dalam batas minimal.

Menurutnya, harus ditinjau lebih jauh apakah areal itu masuk dalam wilayah konservasi atau tidak. Jikapun tidak, secara pemahaman umum juga harua dipahami jika kembang api sedemikian banyaknya tentu beresiko apalagi di kawasan banyak pepohonan sehingga mungkin merusak lingkungan.

Sebelumnya, ia juga menyoroti jika obwis buatan itu melanggar zonasi dan sudah menjadi perhatian masyarakat. Aturan yang lembek beresiko memicu tindakan serupa dari masyarakat dengan dalih ekonomi.Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja

 

FOTO : Petugas memasang papan peringatan di The Lost World Castle (TLWC), Cangkringan karena melanggar Kawasan Rawan Bencana (KRB) III pada Selasa(5/12/2017)

Xiaomi Mi A1 Akhirnya Dapat Update Android Oreo

Previous article

Ini Wilayah Yang Terkena Pemadaman Kamis 4 Januari 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman