Kab SlemanNews

Bupati Minta Pengelola Jeep Lava Tour Tingkatkan Keamanan Penumpangnya

0
wisata gunung merapi
ILUSTRASI : Obyek wisata Gunung Merapi

STARJOGJA,SLEMAN – Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo Meminta pengelola jeep lava tour di kawasan Merapi meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengunjung.Keamanan dan kenyamanan pengguna jeep tersebut termasuk kelengkapan kendaraan, termasuk kelengkapan operator misalnya kepemilikan SIM.

Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan pembinaan terhadap komunitas jeep lava tour, Selasa malam. Hadir pada kesempatan tersebut 500an anggota komunitas Jeep lava Tour Merapi.Bupati sleman menyampaikan obyek lava tour merapi sampai saat ini pengunjungnya terus bertambah, sehingga bertambahnya pengunjung wisata lava tour harus juga diimbangi dengan kenyamanan dan keamanan pengunjung. Keamanan dan kenyamanan pengguna jeep tersebut termasuk kelengkapan kendaraan, termasuk kelengkapan operator misalnya kepemilikan SIM.

Tanpa jaminan kenyamanan dan keamanan pengunjung dikawatirkan wisatawan akan berkurang. Hal tersebut semata-mata untuk kenyamanan dan keamanan dan keselamatan pengguna jeep lava tour. Karena sebetulnya yang diinginkan wisatawan adalah untuk menikmati indahnya merapi dan bekas lahar erupsi merapi bukan semata mata naiknya jeep wisata hingga dalam mengopersikan kendaraan harus secara wajar.

Lebih lanjut disampaikan bahwa jalur wisata lava tour bukan saja di area bekas lava Merapi akan tetapi juga di jalan umum misalnya di jalan Kaliurang, yang nota bene jalur transportasi kendaraan umum. Oleh karena itu bupati minta agar lebih hati-hati bila mengoperasikan jeep wisata. Jangan mengoperasikan kendaraan secara ugal-ugalan misalnya ngebut. Jangan sampai berjalan seperti layaknya offroad, karena jalur tersebut bukan jalur offroad.

Yang diharapkan wisatawan adalah kenyamanan dan keamanan oleh karena itu faktor keamanan dan kenyamanan harus dinomor satukan, termasuk penggunaan sabuk pengaman, juga penggunaan Helm standar.Jangan sampai operator jeep hanya mengejar tarikan untuk mendapatkan uang yang banyak, sekali lagi bupati minta agar faktor keamanan dan kenyamanan harus lebih diperhatikan.

Ditambahkan bupati sleman bahwa kendaraan jeep yang dioperasikan untuk wisatawan di obyek lava tour kalau dicek secara teliti tentu belum semuanya kelengkapannya ada termasuk surat-suratnya, juga kelengkapan operatornya misalnya SIM. Oleh karena itu bupati berharap agar kelengkapan kendaraan juga surat-suratnya dilengkapi.

Sementara itu Kapolres Sleman AKBP. M. Arifin Lukmanul Hakim, SH menambahka kalau komunitas ingin membuat wisata khusus untuk offroad harus terlebih dahulu membuat jalur tersendiri, termasuk segi keamanan harus lebih ketat, termasuk pengguna kendaraan harus lebih selektif misalnya batas umur yang akan menggunakan wisata offroad. Tentu hal tersebut haarus disiapkan sejak dini sebelum dioperasionalkan

Lebih lanjut disampaikan Kapolres bahwa pengguna jasa wisata jeep merapi dari berbagai kalangan dan umur oleh karena itu operator harus lebih jeli , kapan harus menjalankan kendaraan di medan yang berat atau ringan.(DEN)

Blangko E-KTP di Sleman Tersisa 19.000 Keping

Previous article

Trans Jogja Tambah Halte Portabel

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman