Kota JogjaNews

Pevita Siap Dibuka November 2018

0
Ilustrasi Perpustakaan

STARJOGJA.COM,JOGJA- Pevita atau Perpustakaan Alternatif Yogyakarta yang ditujukan sebagai tambahan perpustakaan daerah di Yogyakarta bagian selatan direncanakan dibuka mulai Oktober atau November 2018.

“Anggaran sudah disetujui. Kami tinggal menantikan renovasi bangunan yang akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta.

Perpustakaan Alternatif Yogyakarta (Pevita) akan menempati bangunan yang selama ini digunakan untuk Rumah Pemulihan Gizi (RPG) Yogyakarta di Jalan Mayjed Sutoyo.

Berdasarkan perencanaan, renovasi bangunan sudah selesai pada Oktober. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta kemudian akan melengkapi fasilitas Pevita dengan koleksi buku serta wi-fi.

Pevita akan dilengkapi oleh sekitar 3.000 eksemplar buku yang terdiri atas 2.000 buku edisi lama dan 1.000 buku edisi terbaru.

“Fasilitas wi-fi pun akan kami sediakan dengan kecepatan yang cukup tinggi,” katanya.

Seperti Perpustakaan Kota Yogyakarta di Kotabaru, pemustaka dapat mengakses Pevita dalam 7 hari sepekan dengan jam layanan mulai pukul 08.00 WIB hingga 24.00 WIB.

“Kami sudah melakukan rekrutmen untuk petugas yang akan bertugas di perpustakaan, yaitu sebanyak 15 orang,” katanya.

Diperkirakan, setiap hari akan ada sekitar 300 hingga 400 pemustaka yang memanfaatkan Pevita.

“Desain ruangan di Pevita akan dibuat senyaman mungkin dengan konsep desain yang serba terbuka meskipun fasad bangunan akan dipertahankan karena gedung berstatus sebagai warisan budaya,” katanya.

Selain untuk memudahkan warga Yogyakarta bagian selatan mengakses layanan perpustakaan, keberadaan Pevita diharapkan dapat memecah membeludaknya pemustaka di Perpustakaan Kota Yogyakarta di Kotabaru.

SUMBER : ANTARA

6 Tips Sukses dalam Karir di Tahun 2018

Previous article

Ahirnya Enrique Iglesias dan Anna Kournikova Tunjukkan Anak Kembar Mereka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja