Kota JogjaNews

Walhi Imbau Masyarakat Buat Sumur Resapan Untuk Memanen Air

0

Starjogja.com, Jogja – Wahana Lingkungan Hidup Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong masyarakat membuat sumur resapan selama musim hujan sebagai sarana penyimpanan air dan candangan saat terjadi kekeringan.

“Sumur resapan penting agar air hujan bisa disimpan sebagai cadangan dan tidak terbuang sia-sia,” kata Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) DIY Halik Sandera, dikutip dari Antara.

Menurut Halik, sumur resapan merupakan teknologi sederhana yang dapat dibuat oleh masyarakat secara mandiri untuk mengonservasi air hujan. Apalagi air hujan merupakan salah satu sumber air bersih yang bagus dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

Pembuatan cadangan air melalui sumur resapan, menurut dia, khususnya dapat dipraktikkan oleh masyarakat khususnya di wilayah yang paling sering dilanda kekeringan seperti di Kabupaten Gunung Kidul.

Selain diperlukan untuk menampung cadangan air hujan, menurut Halik, pembuatan sumur resapan selama musim hujan juga bisa menjadi salah satu solusi mengatasi pencemaran air di lingkungan kota.
(Am)

Panen Februari, Bantul Akan Punya Stok 24.000 Ton Gabah

Previous article

Maglev, Proyek Kereta Berkecepatan 600 Km/Jam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja