Kab SlemanNews

Pemkab Sleman Fasilitasi Sertifikasi HKI

0

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Pemerintah Kabupaten Sleman siap fasilitasi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pelaku seni, dan penemu pengembang iptek di wilayah Kabupaten Sleman terkait pendaftaran sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Sumadi dalam penyelenggaraan Sosialisasi Sertifikasi HKI di Kantor Pemkab Sleman, Senin (19/2/18).

Dalam kegiatan tersebut, Sumadi juga menjelaskan bahwa Pemkab Sleman telah meyiapkan anggaran terkait fasilitas pendaftaran sertifikasi HKI tersebut. “Di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 kita anggarkan untuk untuk pendaftaran sertifikasi HKI. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Sleman yaitu lebih mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sleman dengan menggunakan sistem smart regency. ” papar Sumadi.

Menurutnya sistem smart regency atau smart city sendiri tidak akan terlaksana jika pelaku UMKM tidak memperhatikan perkembangan teknologi, dalam hal ini sistem online. Oleh karena itu, melalui kegiatan sosialisasi sertifikasi HKI tersebut diharapkan Sumadi dapat memberikan pemahaman bagi pelaku UMKM baik perorangan ataupun kelompok.

Sementara itu Kepala Bagian Perekonomian, Emmy Retnosasi menjelaskan selain mensejahterakan masyarakat Sleman, kegiatan sosialisasi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang jaminan kepuasan atau perlindungan bagi konsumen atas produk barang dan jasa yang telah mendapat sertifikat HKI, serta meningkatkan nilai tambah atas produk yang diperdagangkan.

“Harapan setelah sosialisasi HKI, peserta sosialisasi dapat menyebarluaskan pengetahuan tentang pentingnya sertifikasi HKI, bagi pelaku usaha yang secara finansial memiliki keterbatasan pendanaan untuk membayar biaya pendaftaran diharap segera mengajukan proposal ke Pemkab Sleman hingga akhir Maret 2018,“ kata Emmy.

Emmy menambahkan bahwa fasilitas HKI 2018 bisa bertambah tergantung jumlah proposal yang masuk. Namun untuk para pelaku usaha, seni, maupun penemu iptek yang mampu, diharapkan dalam pengurusan HKI dapat mendaftar secara mandiri dengan biaya pribadi. (DEN)

Mengenal Benny likumahua,Salah Seorang Maestro Jazz Indonesia

Previous article

Capacity Building TPID Se-DIY dan Satgas Pangan Dukung Efektivitas Pengendalian Inflasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman