Kota JogjaNews

Cegah Korosi, Jembatan Lempuyangan Akan Dicat

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta segera melakukan pengecatan Jembatan Lempuyangan untuk mencegah korosi yang dikhawatirkan bisa mempengaruhi kondisi jembatan.

“Kami akan secepatnya melakukan pengecetan dimulai dari tembok di samping jembatan pada bulan ini dan bulan depan dilanjutkan pengecatan ‘railing’ besi jembatan untuk mencegah korosi,” kata Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Umi Akhsanti di Yogyakarta, Minggu.

Menurut Umi, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta terus melakukan berbagai upaya pemeliharaan Jembatan Lempuyangan untuk mempertahankan kondisi jembatan agar tetap baik sekaligus memperpanjang usia jembatan.

Upaya pemeliharaan diawali dengan membongkar seluruh pot tanaman yang berada di sisi kiri dan kanan sepanjang Jembatan Layang Lempuyangan yang sudah berusia sekitar 30 tahun itu.

Pembongkaran pot tanaman dilakukan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. “Pembongkaran dilakukan bertahap. Sekali membongkar diperlukan lima dump truk dan masing-masing mengangkut dua kali,” katanya.

Umi mengatakan, pembongkaran pot tanaman tersebut juga menjadi bagian dari rencana uji konstruksi Jembatan Lempuyangan untuk mengetahui kekuatan jembatan.

“Melalui uji konstruksi ini, akan diketahui kekuatan jembatan, termasuk jika rencana penutupan perlintasan sebidang yang ada di bawah jembatan dilakukan,” katanya.

Uji kontsruksi jembatan akan dilakukan mulai April dan diharapkan selesai pada pertengahan tahun. DPUPKP bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam melakukan pengujian.(DEN-antara)

KAI Daop VI Siapkan 20.000 Kursi di Angkutan Lebaran 2018

Previous article

21 Maret, Hari Tanpa Bayangan Sapa Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja