Kab BantulNews

Bantul Surplus Beras 19 Ribu Ton Pertahun

0
gagal panen
ist

STARJOGJA.COM, BANTUL – Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, menyatakan daerah ini mengalami surplus beras sebanyak 19 ribu ton per tahun.

“Jumlah produksi padi yang dijadikan beras itu sekitar 114 ribu ton per tahun, sementara Bantul butuhnya kira-kira sekitar 95 ribu ton/tahun, jadi kita masih surplus,” kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi di Bantul, Jumat.

Dengan demikian, jika dikalkulasikan, maka produksi beras petani Bantul yang sebesar 114 ribu ton/tahun dikurangi kebutuhan pangan masyarakat yang sekitar 95 ribu ton/tahun maka Bantul mempunyai sisa produksi 19 ribu ton beras/tahun.

Ia mengatakan, kebutuhan beras masyarakat Bantul itu dihitung dari rata-rata tingkat konsumsi beras sebanyak 95 kilogram per kapita per tahun, sementara jumlah penduduk Bantul diprediksikan sudah mencapai sekitar satu juta jiwa.

Pulung mengatakan, meski Bantul hingga tahun ini masih mengalami surplus produksi beras, namun ke depan perlu ada upaya untuk menjaga ketersediaan pangan, diantaranya dengan melindungi lahan pertanian pangan dengan luasan minimal seluas 13 ribu hektare.(DEN/Ant)

Kolaborasi dengan Nasirun, Penyanyi Trie Utami Pamerkan Lukisan

Previous article

Sudah Coba Fitur Rute Sepeda Motor Google Maps?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul