Flash InfoTechno

Google Assistant Kini Paham Bahasa Indonesia

0

STARJOGJA.COM, TEKNO – Google meluncurkan Asisten Google dalam bahasa Indonesia pada perangkat ponsel pintar. Layanan Asisten Google dapat terpasang di dalam smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 5.0+ (Lollipop ke atas) maupun iOS 9.1 ke atas.

Pemilik smartphone tinggal menyetel bahasa yang tersedia ke bahasa Indonesia dan memperbarui aplikasi Google ke versi terbaru untuk dapat mengakses Asisten Google.

Dengan fitur itu, pemilik ponselbisa berkomunikasi dengan Google untuk berbagai hal. Mulai dari perintah mengirimkan SMS, menyetel pengingat, meminta petunjuk arah, menyetel alarm dan sebagainya.

Untuk memulainya, pemilik ponsel tinggal menekan sambil menahan tombol Home. Pemegang ponsel juga dapat mengaktifkan fitur itu hanya dengan mengucapkan “Ok Google”.

Asisten Google merupakan kecerdasan buata yang mampu berbahasa Indonesia serta memahami berbagai hal. Mulai dari mencari resep nasi goreng, sampai membantu menerjemahkan kalimat ke bahasa Jawa atau menghibur kita dengan cerita lucu.

Untuk mengetahui perintah apa saja yang saat ini bisa dilakukan, cukup tanyakan “apa yang bisa kamu lakukan?”

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami menyatakan Asisten Google dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan di Allo Agustus 2017 lalu.

“Kini, dengan hadirnya Asisten Google pada jutaan smartphone di Indonesia, Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna, mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (2/4).

Asisten Google menggunakan teknologi machine learning, natural language understanding, dan computer vision untuk dapat memahami konteks yang dituturkan penggunanya. Dengan demikian, fitur itu mampu merespons pernyataan yang disampaikan sampai mengerjakan tugas yang diperintahkan.

Fitur Asisten Google bahkan dapat mempelajari kebiasaan serta preferensi pengguna ponsel yang dilakukan dengan cara yang aman dan rahasia berdasar izin penggunanya.(DEN/Bisnis)

 

Afgan Temukan Cinta Lagi

Previous article

Dasron Hamid Cup UMY Arena Unjuk Gigi Pesepakbola Muda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info