Kab BantulNews

235 Peserta Ikuti Kompetisi Robotech 2018 di UMY

0

Starjogja.com, Bantul – Gelaran Electro Fair 2018 berhasil menarik minat para pegiat robot usia dini hingga remaja. Siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas mengikuti perlombaan ROBOTECH yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (5/4), di Sportorium UMY.

“Perkembangan teknologi robot di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan diadakan kegiatan ini dapat menjadi ajang para siswa-siswa yang mimiliki minat dan bakat untuk melatih kemampuan mereka, agar lebih matang kedepannya,” ujar Romadoni Syahputra selaku Kepala Jurusan Teknik Elektro kepada Starjogja.com, Kamis (5/4).

Romadhoni juga menjelaskan total terdapat 235 (dua ratus tiga puluh lima) orang peserta yang terbagi dalam 95 tim dan bertanding pada dua kategori perlombaan, yaitu Sumo dan Transporter. Pada kategori Sumo, dua robot saling berhadapan dan menyerang hingga salah satu lawan keluar dari area yang ditentukan. Sementara kategori Transporter, dua robot saling beradu untuk memasukkan bola ke dalam lubang sebanyak mungkin.

Sementara itu, Anjas selaku panitia juga mengatakan bahwa diadakannya perlombaan tahunan tersebut, agar bisa melihat perkembangan minat dan bakat generasi muda pada bidang robotika. Selain itu pula, antusiasme peserta dalam kompetisi ini terus bertambah tiap tahunnya. Pada tahun ini peserta yang ikut serta berasal dari Jawa Timur, DIY, Jawa Tengah, dan Jawab Barat.

Peserta pun menyambut baik dan berharap perlombaan seperti ini terus diadakan secara berkala dan rutin. Seperti penuturan Liza Firtia peserta dari SMP Muhammadiyah PLUS Gunung Pring Muntilan. “Saya suka dan menyambut baik perlombaan seperti ini,  karena bisa meningkatkan kemampuan dalam merancang robot. Karena ini perlombaan pertama saya, maka saya berharap untuk terus diadakan di tahun-tahun selanjutnya.” (AM)

Hasil Study Mengungkap Puasa Facebook Bisa Mengurangi Stres

Previous article

UGM dan BNPT Pasang Instrumen Peringatan Dini Longsor

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul