Flash InfoLifestyle

Awas, Mengupil dengan Tangan Berbahaya Bagi Kesehatan!

0
anosmia
hidung (ist)

STARJOGJA.COM.HEALTH – Siapa di antara Anda yang sering mengorek hidung atau yang biasa disebut mengupil, dengan tangan? Jika iya, maka kebiasaan ini harus segera dihentikan.

Seringkali kita tidak menyadari pentingnya menjaga kesehatan hidung sebagai organ pertama yang menyaring udara pernapasan yang akan masuk ke dalam paru-paru.

Hidung juga berfungsi menjaga kelembaban, sebagai penghangat udara dan indra penciuman. Jika kesehatannya terganggu, hidung  dapat tersumbat, yang dapat menimbulkan pilek, gangguan saluran napas atas, bahkan gangguan tidur, yang pada akhirnya menimbulkan gangguan saluran napas bawah.

Menurut Sarwastuti Hendradewi, Ketua Program Studi PPDS I Ilmu Kesehatan THT-KL Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, hidung yang terkena infeksi dan komplikasi akan menimbulkan gejala seperti hidung tersumbat, pilek, gangguan penciuman dan pusing yang mengakibatkan rhinosinus.

“Gangguan tersebut sampai pada saluran napas bawah dan akan menimbulkan bronkitis,” ujarnya, di sela-sela peluncuran kampanye #Cucihidungsetiaphari, di Jakarta, belum lama ini.

Untuk menjaga kesehatan dan kelembaban hidung sehari-hari, lanjut dia, dapat dilakukan pencucian dengan larutan isotonik minimal 1 kali sehari. Caranya, untuk hidung kanan, miringkan kepala ke kiri, tahan napas semprot hidung kanan, begitu pun dengan hidung kiri. Kalau caranya benar, cairan isotonik akan keluar di sebelahnya.

“Selain itu, kita juga perlu melindungi hidung saat beraktivitas, menghindari penyebab alergi, menciptakan lingkungan udara yang bersih dan jangan mengorek hidung dengan tangan,” tegasnya.

Dari informasi dalam Jurnal Kedokteran International, Journal of Environmental Research and Public Health, tindakan mencuci hidung berperan melunakkan dan mengalirkan lapisan lendir pada rongga hidung.

Mediator-mediator penyebab reaksi peradangan atau reaksi alergi, seperti prostaglandin dan leukotrien, dibuang selama tindakan ini. Tindakan itu juga dapat mengurangi gejala alergi atau gejala selesma.(DEN/Harianjogja)

Boyong Songsong Kapanewon Cangkringan

Previous article

UAV Flight Group Inovasi Terbaru Pesawat Tanpa Awak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info