Kab SlemanNews

Sleman Punya Pusat Pembelajaran Keluarga

0

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Bupati Sleman resmikan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) pada Rabu (2/5) yang bertempat di Jalan Candisari No. 2, Beran, Tridadi, Sleman. Peresmian puspaga tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak, Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman dr. Mafilindati Nuraini usai acara peresmian tersebut.

Linda menjelaskan di Kantor Puspaga pihaknya menyediakan ruangan tunggu bermain anak, ruang konseling anak dan konseling dewasa. Selain itu juga telah tersedia tenaga profesional yang siap mendampingi dan memberikan bimbingan kepada masyarakat yang membutuhkan. Puspaga ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat yang memerlukan pendampingan atau konseling.

“Kita telah menyiapkan dua orang psikolog dan satu orang administrasi untuk memberikan konseling kepada masyarakat,” jelasnya.

Pendampingan ini menurut Linda bisa untuk berbagai macam keperluan, seperti keperluan rumah tangga, masalah remaja, parenting, dsb. Selain itu, Linda juga menjelaskan bahwa layanan konseling tersebut tidak hanya terbatas dilakukan di Kantor Puspaga Namun menurutnya pelayanan dapat dilakukan dengan memanggil psikolog yang telah disediakan untuk datang ke rumah warga.

“Masyarakat bisa langsung datang ke Puspaga. Atau bisa juga dipanggil untuk datang ke rumah warga jika dibutuhkan,” tuturnya.

Linda juga menegaskan bahwa pelayanan ini dilakukan secara gratis. Lebih lanjut dia juga menyampaikan bahwa setiap masyarakat yang melakukan konsultasi akan dijamin kerahasiaan identitasnya.

Adapun jadwal pelayanan Linda menjelaskan dibagi menjadi tiga yaitu, Konseling Perkawinan hari senin, rabu, dan jum’at mulai pukul 09.00-14.00. Konseling Tumbuh Kembang Anak dilayani hari Senin – Jum’at pada pukul 09.00. Sedangkan Pelayanan Konseling Pengasuhan hari Senin – Jumat pada pukul 09.00 – 14.00.

Sementara itu Bupati Sleman mengatakan dengan kompleksifitas kehidupan masyarakat yang tinggi saat ini sehingga perlu adanya pendampingan secara psikologi untuk masyarakat. Melalui peresmian Puspaga tersebut ia berharap Pemerintah Kabupaten Sleman dapat lebih maksimal melayani masyarakat didalam hal pelayanan psikologi.

Masyarakat boleh manyampaikan keluhannya tentang anak atau kekerasan dalam keluarga dengan kerahasiaan identitas yang dijaga. Kemudian ia Menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan pelayanan tersebut secara optimal.(DEN)

Tak Bisa Sembuh, Ketahui Fakta & Angka Penyakit Ginjal Kronis Berikut Ini

Previous article

Kuliner Olahan Labu Kuning Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman