Kota JogjaNews

Kegiatan Wisata Keraton Libur Selama Dua Hari

0
KGPH Hadiwinoto Kotagede

STARJOGJA.COM, JOGJA –– Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan ditutup untuk kegiatan wisata selama dua hari. Mulai dari tanggal 15 hingga 16 Juni 2018.Dalam dua hari tersebut, Keraton melaksanakan dua agenda utama, yakni Hajad Dalem Garebeg Sawal dan Ngabekten. Aktivitas wisata akan dibuka kembali pada tanggal 17 Juni.

Hajad Dalem Garebeg Sawal akan dilaksanakan pada Jumat (15/6). Pelaksanaan Garebeg Sawal di tahun Dal tidak ada perbedaan dengan Gerebeg Sawal pada umumnya. Rangkaian upacara akan dimulai pukul 07.30 WIB hingga 11.00 WIB.

Pada Garebeg Sawal, total terdapat tujuh buah gunungan yang terdiri dari tiga buah Gunungan Kakung, satu Gunungan Estri, satu Gunungan Gepak, satu Gunungan Darat dan satu Gunungan Pawuhan.

Ketiga Gunungan Kakung akan diarak dan dibagikan ke tiga tempat berbeda, yakni Kagungan Dalem Masjid Gedhe, Pura Pakualaman, dan Kepatihan. Sedangkan gunungan lain akan dibagikan di Masjid Gedhe.

“Gunungan merupakan simbol rasa syukur dari raja, yang kemudian diwujudkan dengan hasil bumi untuk dibagikan kepada rakyatnya,” ujar Penghageng Tepas Tandha Yekti Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat GKR Hayu dalam rilis yang diterima pada Kamis (14/6).

GKR Hayu, menambahkan, bersamaan dengan Garebeg Sawal, di dalam Keraton digelar Hajad Dalem Ngabekten, yakni tradisi sungkeman kepada Raja saat Hari Raya Idulfitri.Ngabekten akan digelar selama dua hari.Untuk hari pertama diperuntukkan khusus bagi laki-laki, sementara hari kedua bagi perempuan.

Ia juga berharap Masyarakat turut menjaga ketertiban dan kelancaran semua acara yang digelar. Penggunaan drone untuk dokumentasi hanya diperbolehkan di kawasan Alun-Alun Utara, dengan tidak menempatkan drone di atas rombongan pembawa gunungan.

“Tidak diperkenankan menggunakan drone di kawasan inti Keraton, Pagelaran dan Pelataran Masjid Gedhe,” jelas GKR Hayu. ( DEN/SAWITRA )

INFO LALIN : ARAH MALIOBORO RAMAI

Previous article

Polisi Siapkan Rekayasa Lalin di Titik Nol

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja