Kab SlemanNews

Keren, KKN UNY Olah Jagung Jadi Brownies

0
Brownies Jagung Karya Mahasiswa KKN UNY ( FOTO : Humas UNY)

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Di tangan mahasiswa KKN 246 UNY, jagung berubah menjadi makanan kekinian. Mereka menyulap jagung menjadi brownies di lokasi KKN Desa Tanjungan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Ketua Kelompok KKN 246 UNY Wahidya Difta mengatakan bahwa program kerja yang dibuat untuk warga dusun Tanjungan berupa “Pelatihan Memasak Dari Bahan Lokal”. Jenis kegiatan ini berupa pelatihan memasak yang memanfatkan bahan lokal diantaranya jagung manis, kacang coklat yang dibuat dari kacang lokal, serta demo ukir buah semangka.

“Produk yang menjadi unggulan adalah brownies jagung yang diberi nama Bronjungan atau Brownis Jagung Tanjungan sesuai dengan nama daerah ini” kata Difta.

UNY Miliki Perpustakaan Digital Terintegrasi

Salah satu anggota KKN Ade Annita menambahkan, mereka menggunakan bahan lokal yang ada untuk memberi nilai tambah hasil panen jagung dan kacang di desa Tanjungan yang mayoritas dijual apa adanya.

“Harapannya dengan pelatihan ini masyarakat dapat membuat ikon kuliner khas Tanjungan dan kedepannya menjadi usaha kecil menengah desa ini” paparnya.

KKN UNY Hasilkan Brownies Jagung

KKN UNY Hasilkan Brownies Jagung ( FOTO : Humas UNY)

Menurut Afika Dewi Ulfani bahan yang diperlukan adalah 1 buah jagung manis, 60 gram tepung terigu, 70 gram gula pasir, 2 butir telur, 1 sachet susu kental manis, seperempat sendok teh ovalet, 50 ml minyak goreng, keju dan buah ceri secukupnya.

Mahasiswa prodi pendidikan teknik boga tersebut menyarankan untuk pembuatan cake, bolu, ataupun roti sebaiknya bahan kering diayak terlebih dahulu agar adonan yang dihasilkan dapat lembut dan tidak ada kotoran.

“Gunakan kertas roti agar brownies tidak lengket dengan loyang” tutup Afika.

Ini Tempat Pelarian Prabu Brawijaya V

Previous article

Manis dan Gurih Jadi Satu di Sate Kere Jalan Godean

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman