Kab SlemanNewsPendidikan

4 Program Studi UGM Memperoleh Akreditasi Internasional ABET

0
disabilitas ugm
rektorat UGM

STARJOGJA.COM, SLEMAN – 4 Program Studi UGM Memperoleh Akreditasi Internasional ABET. 4 program studi jenjang sarjana UGM meraih standar global dengan akreditasi yang diberikan oleh lembaga akreditasi internasional ABET. Capaian ini menyusul 16 program studi lainnya yang sudah terakreditasi oleh berbagai lembaga akreditasi internasional.

4 prodi tersebut adalah 3 Prodi di Fakultas Teknik terdiri dari Prodi S1 Teknik Sipil, S1 teknik Geodesi, dan Teknik Mesin, dan dari Fakultas Teknologi Pertanian yaitu prodi S1 Teknologi Industri Pertanian.

“Tiga program studi mendapatkan akreditasi penuh sampai dengan tahun 2024 dan 1 prodi mendapatkan akreditasi sampai dengan tahun 2019, dengan keharusan menyampaikan laporan perkembangan peningkatan mutu tanpa visitasi pada tahun 2019 untuk mendapatkan status terakreditasi penuh sampai dengan tahun 2024,”tutur Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof. Indra Wijaya Kusuma, Senin (3/9).

Selamat ! UGM Raih 3 Penghargaan Olimpiade Matematika Internasional

Menurut Indra, persiapan program studi untuk bisa mengajukan akreditasi ABET sudah dimulai sejak tahun 2015, dengan mengimplementasikan sistem pendidikan berbasis luaran (OBE) secara sistematik sehingga banyak sekali perubahan yang dilakukan terutama dalam desain kurikulum dan proses asesmen hasil pembelajaran, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh ABET.

Ia menjelaskan ABET (Accreditation Board for Engineering Education) merupakan lembaga akreditasi bidang ilmu teknik dan teknologi yang paling prestisius, yang berbasis di Amerika Serikat. Akreditasi internasional ABET merupakan akreditasi berbasis luaran (Outcome Based Accreditation).

” Hal penting yang harus dibuktikan di sini adalah program studi sudah mengimplementasikan pendidikan berbasis luaran (Outcome Based Education/OBE) dengan menunjukan hasil evaluasi ketercapaian dan peningkatan mutu luaran program (Program outcome), dan institusi menunjukan komitmennya dalam memfasilitasi implementasi OBE.” tutup Indra.

Benarkah Dangdut Naik Kelas Di Indonesia

Previous article

Ini 3 Aplikasi IPTV Yang Wajib Dicoba di STB Android

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman