Lifestyle

MAKERFEST 2018 Siapkan 30 Kreator Yogyakarta Naik Kelas

0
MAKERFEST 2018
Makerfesat 2018 di Yogyakarta digelar di Halaman stadion Mandala Krida (Foto : Jusan)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – MAKERFEST 2018 hadir di 8 kota di Indonesia untuk mengedukasi Kreator Lokal menjadi Brand Nasional. Pemenang local maker competition MAKERFEST 2018 akan mendapatkan modal usaha sebesar Rp 1 miliar serta pendampingan komprehensif dalam pengembangan bisnis, hingga kesempatan bekerja sama dengan influencer ternama.

MAKERFEST 2018 di Lapangan Mandala Krida, Yogyakarta menampilkan 30 kreator lokal Yogyakarta dan sekitarnya  dalam festival MAKERFEST City Big Bang. Yogyakarta menampilkan fashion, aksesoris, makanan, peralatan rumah tangga yang unik seperti custom audio speaker produksi kreator Pinebox, serta media belajar 4 dimensi.

William Tanuwijaya selaku Chairman MAKERFEST 2018 menjelaskan bahwa hadirnya MAKERFEST untuk mendorong UMKM, khususnya kreator lokal agar naik kelas.

Baca Juga : Kreatif, Tiga Sekawan Ini Mengemas Gasing Jadi Souvenir Unik

“Sehingga semakin banyak usaha kecil tumbuh menjadi industri lalu dari industri menjadi brand-brand masa depan Indonesia mendunia,” kata William Sabtu 15 September 2018.

Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan strategis sebagai penggerak perekonomian masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Sensus Ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 di Yogyakarta, jumlah usaha/perusahaan kecil dan menengah tercatat 533.670 unit usaha.

Salah satu kreator lokal Yogyakarta, Herlina P. Dewi, Co Founder Stiletto Book mengaku yakin banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dengan adanya perkembangan teknologi di era kini.

“Semakin banyak kreator lokal Yogyakarta yang berani untuk memulai dan mengembangkan kreasi mereka sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan juga suatu hari bisa menjadi Brand Nasional Indonesia,” katanya.

MAKERFEST bekerja sama dengan TopCommunity (sebutan komunitas seller Tokopedia) Yogyakarta menyelenggarakan program edukasi bagi komunitas difabel di Deaf Art Community, komunitas penyandang tuna rungu dengan memberikan pelatihan, serta bantuan alat produksi.

Setelah hadir 5 kota, MAKERFEST akan mendatangi 3 kota lainnya, yaitu, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Puncak acara MAKERFEST pada Desember 2018, tiga kreator lokal terbaik dari Yogyakarta akan berkompetisi dengan 21 kreator lokal terpilih dari kota-kota lainnya.

Bayu

3 Wilayah Ini Terkena Pemadaman Pada Senin Besok

Previous article

Sleman Innovative Fashion and Craft Tingkatkan Pariwisata

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle