Kota JogjaNews

Enam Tokoh Seni dan Budaya Mendapatkan Penganugrahan Budaya

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Enam Tokoh Seni dan Budaya mendapatkan Penganugrahan Budaya. Penganugrahan Budaya ini merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Kota Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan, atas komitmen  melakukan pemberdayaan dan merawat aset Budaya.

 Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Eko Suryo Maharsono mengatakan acara ini diadakan setiap tahun sekali guna memberikan penghargaan bagi para pelestari budaya yang ada di Kota Yogyakarta.

“Kegiatan ini dilaksankan setiap tahun sekali untuk memberikan penghargaan bagi seniman pada jamannya yaitu tokoh-tokoh pelindung kebudayaan, yang diharapankan lebih memberikan suatu suasana yang semangat untuk para seniman  di Yogyakarta” ujarnya.

Eko Suryo Maharsono menambahkan, semoga ini menjadi sebagian kecil dari kita untuk Seni dan Budaya yang ada di Kota Yogyakarta. Ada beberapa faktor dan kategori dalam pemberian penilaian penerimaan penghargaan budaya. Diantaranya sebagai kategori pelestari dan penggiat adat dan tradisi sudah bertahun-tahun melestariakan dan merawat aset Budaya.

Dikutip dari  jogjakota.go.id, untuk kategori Tokoh Penggiat Budaya Jamu Tradisional diberikan kepada Jamu Tradisional Indonesia Jamu “Ginggang” yang berada di jalan Masjid 32, Pakualaman, Yogyakarta yang pada saat ini keberadaannya sudah dikelola oleh generasi ke-5 yaitu P.Rudi sebagai penanggungjawabnya. Eksistensi jamu jawa Ginggang ini sampai sekarang dipercaya masih mempertahankan kwalitas produknya.

Selain itu pemberian penghargaan Kategori Tokoh Penggiat Budaya Radio Berbahasa Jawa yaitu Radio “Swara Kenanga Jogja”, Siswanto. Komitmen ini diwujudkan dalam program siaran yang diberikan berisi tentang produk-produk budaya tradisi Jawa.

Untuk kategori Pengiat Seni diberikan kepada Pimpinan Komunitas “Gayam 16” Ishari Shida sebagai Komunitas Terminal Kreatif Gamelan Jawa. Komunitas Gayam 16 ini merupakan masyarakat lintas generasi dan etnik untuk mempertahankan gamelan jawa khususnya di Yogyakarta.

Selain itu dalam Kategori Pengiat Seni (Seni Film) diberikan kepada Partogi Senoaji Julius Simongakir menjadi Sutradara terbaik dalam pengiat seni yaitu seni film.

Mendagri: Karena Darurat, Saya Minta Pemda Beli Barang di Toko yang Tutup, dan Segera Distribusikan ke Pengungsi

Previous article

Mendagri Bantah Ada Penjarahan Toko di Palu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja