Kab SlemanNews

Tepung Singkong Diolah Jadi Brownies Kreasi KKN UNY

0
Brownies mocaf
Brownies mocaf kreasi Mahasiswa KKN UNY ( Foto : Istimewa)

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Tepung Singkong Diolah Jadi Brownies Kreasi Mahasiswa KKN UNY. Tepung yang diolah dari ketela pohon ini mampu meningkatkan derajatnya saat diolah menjadi kudapan manis favorit masyarakat.

Terobosan itu dilakukan oleh tim mahasiswa yang tengah mengikuti program KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) . Mereka yang bergabung dalam Kelompok 82 menelurkan kreasinya. Brownies dari tepung singkong ini mereka ajarkan kepada ibu-ibu PKK Dusun Kisik, Desa Banjarsari, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo.

Gagasan brownies dari tepung mocaf ini muncul dari mahasiswa Pendidikan Teknik Boga UNY, Sri Purwaningsih, yang menempuh KKN di Dusun Kisik. Kegiatan Sri didukung aktivitas PKK Dusun Kisik. “Bahan untuk membuat brownies cukup sederhana,” kata Sri.

KKN UNY Manfaatkan Sekam Untuk Bertanam Hidroponik

Empat butir telur, ovalet secukupnya, empat sendok makan tepung mocaf, cokelat bubuk dua sendok makan, susu kental manis dua bungkus, baking powder setengah sendok teh, margarin empat sendok makan, dan cokelat blok 50 gram.

Sedangkan, alat yang digunakan ada mixer, loyang persegi panjang ukuran kecil, sendok, dandang untuk mengukus, mangkok adonan, dan piring saji. Kemudahan itu membuat pembuatan brownies mocaf mudah disosialisasikan.

“Dengan harapan dapat memberi pengetahuan mengenai variasi produk tepung singkong serta olahan berbentuk kue brownies dengan bahan dasar tepung singkong yang dapat dijadikan inspirasi UKM di Dusun Kisik,” ujar Sri.

Ribuan Ibu Monyet Tewas, AFJ Desak Pemerintah Tindak Tegas

Previous article

Sensasi Bakso President Malang yang Tersaji di Pinggir Rel

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman