Kota JogjaNews

8 Kampung Wisata Telah Terakreditasi

0
FOTO : Nawa

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kampung wisata menjadi salah satu andalan destinasi wisata baru di Yogyakarta. Syarat menjadi kampung wisata mandiri adalah memiliki produk paket wisata yang menjadi ciri khas di kampung dan memiliki pemandu wisata bersertifikat. Kawasan itu juga harus siap dikunjungi wisatawan setiap saat.8 Kampung Wisata Telah Terakreditasi.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Atraksi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Edi Sugiharto menjelaskan pihaknya mulai melaksanakan akreditasi Kampung Wisata pada tahun ini. Tujuannya adalah untuk mengetahui fasilitas yang ada di Kampung Wisata tersebut. Ia menegaskan keberadaan kampung wisata harus memiliki keunikan dan mengedepankan potensi masing-masing wilayah.

“Masing-masing kampung wisata nanti akan terakreditasi tumbuh, berkembang, dan mandiri. Kita lihat aspek yang dikembangkan dan  ditingkatkan di sana,” tuturnya dalam Program Bincang Special Star Jogja FM, Jumat ( 23/11/2018).

Hal tersebut, lanjutnya, juga sebagai penilaian apakah Kampung Wisata tersebut siap menerima dan melayani wisatawan dengan baik. Hasil akreditasi itu nantinya akan ditentukan tiga kategori kampung wisata, yakni kampung wisata mandiri, berkembang, dan rintisan. Ia mengatakan, proses akreditasi dilakukan oleh dinas, akademisi, pelaku wisata, dan berbagai pihak yang konsen terhadap perkembangan pariwisata di Jogja. Dinpar juga menyiapkan pedoman pendampingannya.

” Untuk tahun ini sudah ada 8 kampung wisata yang telah diakreditasi. Tahun depan akreditasi kembali akan dilakukan,” jelas Edi.

Menurutnya, Pemerintah Kota juga menambah spot – spot selfie sebagai alternative lain bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta sehingga dapat menambah daya tarik dan lama tinggal wisatawan di Kota Yogyakarta.

Co-Working Space CoHive Akan Hadir di Yogyakarta

Previous article

CoHive Mempermudah Startup di Yogyakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja