News

2019 Seluruh Desa di DIY Terkoneksi Wifi Gratis

0
padukuhan wifi gratis

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Seluruh desa  di DIY  terkoneksi wifi  gratis pada 2019. Asisten Sekda Bidang Keistimewaan Setda DIY Didik Purwadi mengatakan pada 2018 Pemda DIY juga memulai memprogramkan koneksi wifi secara gratis khusus untuk desa-desa budaya dan kawasan Malioboro.

“Jumlah desa di DIY ada 400-an, 2019 nanti kita targetkan desa  di DIY  terkoneksi wifi  gratis,” katanya kepada Antara Kamis (29/11/2018).

Menurutnya, program  desa  di DIY  terkoneksi wifi  gratis wifi pemasangannya akan menggunakan anggaran dana keistimewaan (danais). Penggunaan danais itu cukup relewan karena selain membuat masyarakat melek IT, nantinya juga bermanfaat sebagai sarana penguatan nilai-nilai kebudayaan masyarakat desa.

Baca Juga : Dinas Komunikasi dan Informatika pasang 13 titik wifi

“Kita (Pemda DIY) kan sudah punya Jogja Istimewa Televisi (JITV) yang saat ini masih melalui streaming. Nah targetnya dengan adanya sambungan wifi semua bisa nonton sehingga televisi budaya ini bisa sampai ke masyarakat,” kata dia.

Selain itu, program koneksi wifi gratis sebagai upaya untuk membuat masyarakat melek teknologi dan mempercepat pembangunan di level perdesaan. Upaya itu juga bertujuan untuk membangun kesiapan masyarakat menghadapi era revolusi industri 4.0.

“Sehingga bagaimana pun kita ingin IT bisa menjadi kebutuhan masyarakat,” kata dia.

Guna meningkatkan inovasi kalangan milenial dengan memanfaatkan IT, Pemda DIY telah memfasilitasi co working space yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Di ruangan itu generasi muda bisa membuat karya-karya kreatif digital yang didukung peralatan yang memadai.

Menurut dia, untuk membangun kesiapan masyarakat menghadapi era revolusi industri 4.0 Pemda DIY juga menggandeng kalangan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di DIY.

“Dunia kampus juga sangat berperan apalagi berbagai keputusan yang diambil harus berbasis riset,” katanya.

Puluhan Guru Bahasa Indonesia dari Australia Serbu Jogja

Previous article

Sunanto Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Baru

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News