Kota JogjaNews

Pasar Keroncong Kotagede Siap Digelar

0
keroncong
Jumpa Media Pasar keroncong kotagede ( FOTO ; Kanzun)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pasar Keroncong Kotagede siap digelar. Event ini merupakan sebuah acara yang berasal dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Tahun ini merupakan tahun ke empat diadakannya Pasar Keroncong Kotagede.

“Pasar keroncong ini bukan sebuah event biasa atau bukan sekedar ruang pertunjukan pada umumnya,” kata ketua panitia Pasar Keroncong Kotagede Natsir,Kamis (13/12)

Pementasan Pasar Keroncong Kotagede ini akan diadakan Sabtu 15 Desember 2018 pukul 19.00 WIB. Terdapat tiga panggung yang disediakan untuk pementasan, yang pertama ialah Panggung Loring yang berlokasi di utara Pasar Kotagede, Panggung Kajengan di utara Masjid Perak (SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta) dan Panggung Sopingen di Halaman Pendopo Sopingen.

“Pasar Keroncong Kotagede menjadi tempat proses sosialisasi, komunikasi dengan warga dengan masyarakat umum kemudian masyarakat dengan seniman dan masyarakat dengan penonton,” ucapnya.

Baca juga : Musik Keroncong Diyakini Berasal dari Portugal

Pasar Keroncong Kotagede 2018 memiliki tagline “bersatu kita keroncong” . Tagline ini diambil berdasarkan dari pemikiran yang panjang.

“Desember tahun ini merupakan tahun politik sehingga kami sangat berhati-hati dalam memikirkan tagline, setiap tahun Pasar Keroncong Kotagede diupdate terus, kemudian muncul ide ini,” ujarnya.

Penampilan di pasar Keroncong kotagede ini akan menampilkan 12 grup keroncong. Menariknya dari 12 grup ini terdapat salah satu penampil dari anak-anak SD, yaitu dari SD Muhammadiyah Kleco, dimana akan berkolaborasi dengan master keroncong Subarjo HS.

“Harapannya dengan ikutnya anak-anak akan memunculkan generasi keroncong yang baru, Di SD ini terdapat ekstrakulikuler seni bermain biola,” imbuhnya.

Natsir juga mengharapkan bahwa anak-anak yang bermain biola dapat tertarik untuk memasuki dunia musik keroncong. Ia juga mengatakan bahwa dengan adanya Pasar Keroncong Kotagede diharapkan bisa memunculkan bintang-bintang keroncong.

” Pasar keroncong ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya,”jelasnya.

Kemendagri Dukung Polisi Tangkap Pembuang e-KTP

Previous article

SMP Negeri 1 Seyegan Dicanangkan Jadi Sekolah Sehat Jiwa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja