News

Mendes Sebut Ajaran Gus Dur Relevan di Zaman ini

0
memerangi Islamofobia
toleransi

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pernah menjadi presiden RI dan tokoh NU. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan ajaran Gus Dur sangat relevan dengan keadaan saat ini.

“Apa yang diajarkan oleh Gus Dur sangat relevan dnegan kondisi saat ini, mulai dari toleransi, pluralisme, antidiskriminasi dan sebagainya,” ujar Eko saat peringatan haul kesembilan Gus Dur di Jakarta dilansir dari Antara, Senin (17/12/2018).

Menurut Eko, semasa hidupnya kunci utama yang pernah diajarkannya adalah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa apalagi di saat seperti ini. Untuk itu diperlukan nilai-nilai toleransi yang mampu menyatukan keragaman bangsa. Bahkan menurut dia, ajaran Gus Dur tersebut adalah kunci bagi keberhasilan peningkatan kesejahteraan dan ekonomi Indonesia.

Baca Juga : Hari Jumat : Kabar Duka, Agama dan Tuhan

“Karena kunci dari keberhasilan Indonesia untuk menjadi negara maju seperti yang diprediksi survei dari negara lain adalah menjaga kesatuan dan persatuan. Nah Gus Dur, yang diajarkan dengan nilai-Sementara itu,nilai pluralisme itu penting,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan sosok Gus Dur menjadi inspirasinya semasa kuliah pada 1980-an.

“Saya belajar mengenai kebersamaan, moderat saat masih duduk di bangku kuliah, sehingga begitu saya menjadi PNS pada 1990-an, sata lebih bisa menghargai perbedaan pendapat dan keberagaman,” kata Nasir.

Menurut Nasir, ajaran Gus Dur itu masih sangat relevan hingga saat ini. Terutama bagi Indonesia yang terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan agama. Nilai-nilai yang diajarkan Gus Dur itu, lanjut Nasir, sangat relevan jika ditularkan ke mahasiswa

4 Juta Wisatawan Diprediksi Kunjungi Jogja di Akhir Tahun

Previous article

Gunung Merapi Meluncurkan Lava Pijar Sejauh 300 Meter

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News