Tips Siap Menjalani Hidup saat Lansia

0
6
lansia
Foto seminar nasional (foto : UNY)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Menjadi lanjut usia atau lansia harus siap dialami. Sehingga perlu persiapan sehingga ketika sampai di tahap ini tidak perlu kaget lagi.

Kepala Klinik Geriatri RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Probosuseno beberapa hal yang harus disiapkan saat usia lansia terutama pa yang akan terjadi pada tubuh.

“Ingin sehat jarang sakit silakan makan minum yang thoyib dan halal” katanya dalam seminar Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNY, Senin (17/12/2018).

Baca Juga : Kesepian Sebabkan Daya Tahan Tubuh Turun

Ia mengingatkan agar tidak lupa olahraga, lingkungan yang bersih, bertaqwa, tidur cukup dan aktif dalam kegiatan sosial. Ia menegaskan bahwa dalam usia lanjut banyak penyakit yang mendekat seperti diabetes, osteoporosis atau tekanan darah tinggi.

Pengendaliannya melalui penurunan berat badan, pengurangan asupan garam dan gula serta perbanyak olahraga. Probosusesno berpesan pada para lansia agar tetap menjaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi minuman keras, rokok dan menjaga suasana lingkungan tetap kondusif.

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM Yayi Suryo Prabandari mengatakan bagi yang bekerja karena purna tugas ada beberapa kegiatan yang terhenti seperti rutinitas dan identitas. Untuk itu perlu ada beberapa hal yang dibicarakan sebelum pensiun yaitu komitmen, hasrat, keuangan, kesehatan, kembangkan rencana, melakukan aksi dan kompromi dengan keadaan.

Menurutnya sebelum masuk masa pensiun perlu mewaspadai gejala post power syndrome seperti kesedihan yang berkepanjangan, cemas, hampa, hilang kesenangan dan daya tarik kegiatan rutin, gangguan tidur dan makan bahkan cepat tersinggung, marah atau sering menangis.

“Untuk itu silakan keluar rumah, cari teman lama, travelling, ikut komunitas hobby atau gabung dengan perkumpulan,” katanya. Ia menyarankan untuk selalu berpikir positif agar bisa mengatasi stress. Selain itu dengan melakukan beberapa hal sesuai hasrat dan minat akan dapat mengisi masa pensiun dengan senang hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here